SOLOPOS.COM - Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, mengenakan kaus PSI dalam podcastnya, beberapa waktu lalu. (Youtube Kaesang Pangarep)

Solopos.com, JAKARTA — Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akhirnya resmi terjun ke politik, Senin (25/9/2023).

Ajaibnya, Kaesang langsung menduduki jabatan puncak sebagai Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kaesang mengatakan terjun ke politik karena terinspirasi jejak sang ayah. Ia ingin melanjutkan kepemimpinan Jokowi setelah ayahnya tersebut lengser dari jabatan presiden.

“Terus terang saya masuk politik ikuti bapak (Jokowi) saya sendiri. Beliau ini orang yang saya cintai dan hormati. Saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik demi kebaikan,” kata Kaesang dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin.

Kaesang mengaku meminta izin kepada ayahnya untuk direstui dalam menempuh karier yang sama meskipun beda partai.

Sebagaimana diketahui, Jokowi dan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, adalah kader PDIP.

Menariknya, saat ini Kaesang menjabat sebagai Ketum PSI, partai yang kerap bersitegang dengan PDIP.

Menurut Kaesang, ayahnya yang saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia bukanlah sosok manusia yang sempurna.

Namun, dia menyebut ayahnya tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat Indonesia.

Dengan terjun ke politik, sambung Kaesang, dirinya dapat menyelamatkan masa depan bangsa sebab dapat memastikan untuk melanjutkan legasi yang sudah dibangun oleh Jokowi.

“Kami masuk ke politik untuk memastikan hal-hal baik, (apa yang) orang tua kerjakan akan kami lanjutkan agar Indonesia menjadi negara membanggakan. Indonesia negara maju,” tegasnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Selain itu, Kaesang pun ingin menghapus pesimisme dan sinisme anak muda terhadap politik.

Pasalnya, politik kerap kali diasosiasikan sebagai pusat pertengkaran dalam menyebar fitnah, hoaks, politik uang, dan sebagainya.

“Saya ingin melakukan hal-hal baik lewat politik karena bisa dijalankan penuh integritas. Politik didasari rasa hormat, percaya, meski kita berbeda-beda, kita memperjuangkan hal yang sama. Indonesia semakin hebat. Mana solidaritasmu? Aku PSI,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Putra Presiden Jokowi Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha.

Putusan tersebut dibacakan Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Dalam deklarasi tersebut, Giring Ganesha bersama Ratu Ayu Isyana Bagus Oka diangkat menjadi Dewan Pembina DPP PSI.

Raju Juli Antoni ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal PSI.

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya