SOLOPOS.COM - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023). Kaesang menggantikan ketua umum periode sebelumnya Giring Ganesha yang diangkat menjadi anggota dewan pembina partai berlambang bunga mawar itu. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Solopos.com, JAKARTA — Kaesang Pangarep mengaku deg-degan saat kali pertama berpidato seusai ditunjuk sebagai Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pernyataan putra bungsu Presiden Jokowi itu disambut tawa pengurus dan kader PSI dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin (25/9/2023).

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Meskipun mengaku deg-degan, Kaesang terlihat cukup menguasai panggung dengan pidato santai disertai joke-joke yang mengundang tawa.

Assalamualaikum. Selamat malam Bro and Sis, Mas dan Mbak semuanya. Om swastiastu namo buddhaya, salam kebajikan. Saya deg-degan lho ini,” ujar Kaesang sambil tersenyum yang langsung disambut tawa yang hadir, seperti dikutip Solopos.com dari tayangan KompasTV.

Kaesang mengatakan PSI adalah partai kecil yang sedang berjuang untuk bisa meloloskan wakil di DPR.

Namun dirinya yakin PSI akan meraih sukses di Pemilu 2024.

“Ya kalau disebut kapal besar (tersenyum sambil menggoyangkan kepala ke kiri dan kanan) tapi kita akan menuju ke sana,” ujar Kaesang yang langsung disambut riuh tepuk tangan.

Adik Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu menyatakan arus politik sedang berpihak kepada anak muda dengan banyaknya pemilih pemula pada Pemilu 2024.

Karena itu, Kaesang mengajak seluruh kader PSI berjuang untuk meraih hasil terbaik pada Pilpres 2024.

“Terima kasih sudah memenangkan Pak Jokowi dua periode,” katanya.

Ketum PSI

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep akhirnya resmi terjun ke politik, Senin (25/9/2023).

Ajaibnya, Kaesang langsung menduduki jabatan puncak sebagai Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Kaesang mengatakan terjun ke politik karena terinspirasi jejak sang ayah. Ia ingin melanjutkan kepemimpinan Jokowi setelah ayahnya tersebut lengser dari jabatan presiden.

“Terus terang saya masuk politik ikuti bapak (Jokowi) saya sendiri. Beliau ini orang yang saya cintai dan hormati. Saya ingin mengikuti jejak beliau untuk berpolitik demi kebaikan,” kata Kaesang dalam acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin.

Kaesang mengaku meminta izin kepada ayahnya untuk direstui dalam menempuh karier yang sama meskipun beda partai.

Sebagaimana diketahui, Jokowi dan kakak Kaesang, Gibran Rakabuming Raka, adalah kader PDIP.

Menariknya, saat ini Kaesang menjabat sebagai Ketum PSI, partai yang kerap bersitegang dengan PDIP.

Menurut Kaesang, ayahnya yang saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia bukanlah sosok manusia yang sempurna.

Namun, dia menyebut ayahnya tidak pernah lelah menjalankan amanat rakyat Indonesia.

Dengan terjun ke politik, sambung Kaesang, dirinya dapat menyelamatkan masa depan bangsa sebab dapat memastikan untuk melanjutkan legasi yang sudah dibangun oleh Jokowi.

“Kami masuk ke politik untuk memastikan hal-hal baik, (apa yang) orang tua kerjakan akan kami lanjutkan agar Indonesia menjadi negara membanggakan. Indonesia negara maju,” tegasnya.

Selain itu, Kaesang pun ingin menghapus pesimisme dan sinisme anak muda terhadap politik.

Pasalnya, politik kerap kali diasosiasikan sebagai pusat pertengkaran dalam menyebar fitnah, hoaks, politik uang, dan sebagainya.

“Saya ingin melakukan hal-hal baik lewat politik karena bisa dijalankan penuh integritas. Politik didasari rasa hormat, percaya, meski kita berbeda-beda, kita memperjuangkan hal yang sama. Indonesia semakin hebat. Mana solidaritasmu? Aku PSI,” pungkasnya.



Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya