SOLOPOS.COM - Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso dibawa aparat KPK keluar dari Mapolresta Sorong menuju Bandara DEO Sorong untuk diterbangkan ke Jakarta, Senin (13/11/2023). (ANTARA/Yuvensius Lasa Banafanu)

Solopos.com, SORONG — KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Penjabat Bupati Sorong, Papua Barat Daya, Yan Piet Mosso pada Minggu (12/11/2023) dini hari.

Dalam penangkapan pukul 03.00 WIT itu, petugas KPK menyita sejumlah uang dalam bentuk rupiah.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Yan Piet Mosso sempat membuat heboh publik karena memamerkan ulang tahun mewah anaknya pada Agustus 2023 lalu.

“Selain menangkap beberapa penyelenggara negara, Tim KPK mengamankan uang dalam bentuk rupiah,” jelas Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui pesan WhatsApp, Senin (13/11/2023).

Jumlah uang tersebut belum bisa dibeberkan secara terperinci karena Tim KPK masih melakukan konfirmasi lebih lanjut kepada para terperiksa.

“Jumlah bukti uang masih terus dikonfirmasi kembali kepada para terperiksa,” kata Ali Fikri seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Berdasarkan informasi, Tim KPK menangkap Penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso di kediamannya pada Minggu dini hari bersama Kepala BPKAD Kabupaten Sorong Efer Segidifat, Sekretaris BPKAD Kabupaten Sorong, dan dua pegawai BPK Perwakilan Papua Barat.

Ali Fikri mengatakan OTT terkait dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam pemeriksaan dengan tujuan tertentu BPK untuk wilayah Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2023.

“Masih dilakukan pemeriksaan oleh Tim KPK dan segera kami sampaikan perkembangannya,” ungkap Ali Fikri.

Dampak dari penangkapan OTT terhadap Pj Bupati Sorong dua periode itu, aktivitas perkantoran di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong tampak sepi.

Dari pantauan di lapangan, salah satu pintu ruangan di kediaman Penjabat Bupati Sorong ikut disegel KPK, termasuk beberapa ruangan di Gedung BPKAD Sorong ikut ditempel stiker KPK.

Seusai diperiksa selama kurang lebih 10 jam, Senin pukul 14.24 WIT Yan Piet Mosso didampingi sang istri, Annie Mosso Nauw keluar dari Markas Polresta Sorong Kota menuju ke Bandara Domine Eduard Osok untuk diterbangkan ke Jakarta.

Ultah Mewah

Sebagai informasi, Yan Piet Mosso dilantik sebagai Pj. Bupati Sorong pada 19 Agustus 2022 menggantikan sebelumnya Johny Kamuru yang telah menyelesaikan masa jabatannya.

Yan Piet Mosso pernah viral pada Agustus 2023 karena memamerkan ulang tahun mewah anaknya, Enchi Mosso yang berusia 17 tahun di Kapal Phinisi Baywalk, Pluit, Jakarta Utara.

Sebelum menjabat sebagai Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso menjabat kepala bagian di lingkungan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Pada 2020 menjabat Kepala Bagian Bina Mental Spritual, Setda Pemprov Papua Barat dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Barat tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya