SOLOPOS.COM - Keseruan acara peringatan Bulan Bahasa di SMA Kristen 1 Solo bertemakan Warisangkasa: Mengangkasa Bersama Kekayaan Bahasa, Jumat (27/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — SMA Kristen 1 Solo menggelar serangkaian kegiatan memperingati Bulan Bahasa dengan tema Warisangkasa pada Jumat (27/10/2023). Acara tersebut terdiri dari pameran dan berbagai lomba, termasuk lomba puisi, tari, storytelling, monolog, dan menyanyi.

Ketua panitia Warisangkasa, Yosafat Adventio Djentoe atau Tio, mengatakan kegiatan pameran menampilkan hasil pemenang lomba klub lukis dan poster digital.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

“Acara ini terdiri beberapa rangkaian sejak awal pekan ini, tetapi baru yang kecil-kecil saja dari Senin sampai Kamis, lalu sekarang kami membuat suatu event mengajak para siswa agar gemar ke perpustakaan, caranya lewat lomba paling sering datang ke perpustakaan,” ujar Tio itu kepada Solopos.com, Jumat (27/10/2023).

Tio melanjutkan tujuan lomba-lomba tersebut tidak lain adalah peningkatan dan pengasahan literasi. Menurutnya literasi murid-murid SMA Kristen 1 Solo sudah baik tetapi Tio yakin literasi tetap perlu diasah agar berkembang.

Tio juga melihat minat baca murid-muridnya Solo cukup tinggi. Sebagai murid dia bersyukur perpustakaan SMA Kristen 1 Solo sudah memiliki sarana prasarana yang memadai, termasuk rutin pengadaan buku-buku baru.

Tema Warisangkasa sendiri memiliki filosofi warisan dari angkasa. Menurut Tio, tema tersebut dibuat guna mengajak para murid menghargai warisan dari leluhur dan Sang Pencipta.

Hal ini dia nilai sesuai dengan Solo yang memiliki kekayaan intelektual dari leluhur lewat kehadiran para pujangga asal Solo. Tio merasa semangat tersebut juga tetap hadir dalam jiwa para murid yang bersemangat mengikuti berbagai lomba perayaan Bulan Bahasa dengan persiapan matang.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan SMA Kristen 1 Solo, Joko Cahyo, berharap literasi murid-murid tetap terasah dan berkembang selepas momentum Bulan Bahasa.

“Pihak guru-guru dan karyawan sangat mengapresiasi kegiatan ini ya, tidak hanya meningkatkan literasi tetapi juga membuat anak-anak bersemangat mencintai Bahasa Indonesia,” ujar Joko.

Dia juga mengatakan pihak sekolah akan selalu berkomitmen meningkatkan sarana dan prasarana penunjang literasi di SMA Kristen 1 Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya