SOLOPOS.COM - Kolase foto: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Fahrul Muzaqqi, menilai penentuan bakal calon wakil presiden yang dipasangkan dengan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto menentukan posisi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin).

Jika Prabowo maupun Ganjar sama-sama mengambil pasangan yang menjadi representasi religius akan berdampak pada posisi Amin di peta persaingan Pilpres 2024.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Namun sebaliknya, posisi Amin kuat ketika Ganjar dan Prabowo tidak mengambil bakal calon pendamping dari kalangan religius, khususnya tokoh-tokoh nahdliyin.

“Hal itu imbas dukungan pemilih muslim, apakah dukungan bagi Anies-Muhaimin menguat atau segini-segini saja,” kata Fahrul di Surabaya, Rabu (27/9/2023).
.
Meskipun Amin sudah mendeklarasikan diri sebagai pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden namun keduanya masih belum bisa menyaingi elektabilitas Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

“Ditunggu saja apakah Pak Prabowo dan Pak Ganjar menentukan wakilnya dari kalangan yang merepresentasikan kalangan religius Islam atau tidak,” lanjutnya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.

Baca Juga
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya