SOLOPOS.COM - Acara sosialisasi dan pendidikan pemilih KPU Goes to Campus, School, & Pesantren di MAN 1 Solo, Kamis (19/10/2023). (Solopos.com/Maymunah Nasution)

Solopos.com, SOLO–Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Tengah menggelar sosialisasi dan pendidikan pemilih lewat KPU Goes to Campus, School, & Pesantren di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Solo, Kamis (19/10/2023).

Sekretaris KPU Jawa Tengah, Rudinal B, mengatakan tujuan acara tersebut adalah memberikan pengetahuan demokrasi terutama kepada pemilih pemula.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Kegiatan sudah dilaksanakan di 9 provinsi, dan di Jawa Tengah nanti ada 2 lokasi yaitu di MAN 1 Solo serta di Undip [Universitas Diponegoro] Semarang. Kita berharap terutama kepada adik-adik sebagai pemilik pemula yang nantinya ikut memberikan suara tentunya dengan kegiatan ini mereka akan mendapatkan pemahaman terkait bagaimana pelaksanaan pemilu serta bagaimana peran serta pemilik pemula dalam rangka mensukseskan tahapan Pemilu 2024,” ujar Rudinal saat diwawancara wartawan di sela-sela acara, Kamis (19/10/2023).

Beberapa siswa siswi MAN 1 Solo sudah akan menjadi pemilih pemula untuk Pemilu 2024 mendatang.

Salah satu dari mereka, Venessa Shakira, mengaku kebingungan yang dia hadapi sebagai pemilih pemula adalah menilai visi misi para calon agar tidak salah pilih.

Menurut dia, perlu diperhatikan dengan jelas arah visi misi dari para calon dan kandidat di Pemilu 2024 agar terlihat mana saja yang memiliki niat untuk memajukan Indonesia.

“Kalau saya fokus ke tujuan-tujuan para calon, visi misinya saya perhatikan dan mana yang paling sesuai dengan saya dan tentunya akan saya cari yang memang bertujuan memajukan Indonesia,” ujar siswi MAN 1 Solo tersebut saat diwawancara media di sela-sela acara.

Diakuinya menghimpun informasi tentang Pemilu 2024 juga memiliki sejumlah tantangan, termasuk melawan hoaks yang beredar di Internet. Untuk itu dia terkadang menyaring informasi yang dia dapat dari teman-temannya atau yang dia dapat di Internet.

Venessa juga merasa sosialisasi dari KPU ke sekolah-sekolah sangat bermanfaat agar pemilih pemula sepertinya memiliki bekal untuk memilih di Pemilu 2024. Setidaknya dengan cara itu menurut Venessa dia tidak melewati Pemilu 2024 dengan tangan kosong.

Pemilu 2024 akan diadakan pada Rabu (14/2/2024) mendatang. Dalam Pemilu kali ini, pemilih muda dan pemula berjumlah cukup besar.

Melansir kpu.go.id, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Nasional Pemilu 2024 mencapai 204.807.222 jiwa, dan pemilih muda sebanyak 106.358.447 jiwa atau sekitar 52% total DPT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya