SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan sambutan pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

Solopos.com, JAKARTA — Peluang Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Umum PDIP sepertinya kecil.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut trah Sukarno masih sentral dalam roda kepengurusan PDIP.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Saat ini, masih ada Puan Maharani yang merupakan cucu Sukarno yang eksis di politik.

Pernyataan Hasto ini menanggapi pernyataan Guntur Soekarnoputra, putra dari Sukarno yang menyebut Jokowi sangat mungkin menjadi Ketum PDIP seusai lengser sebagai presiden.

“Bagi PDIP, semua ada tahapan-tahapannya. Tahapan saat ini adalah pemilu presiden yang serentak dengan pemilu legislatif,” katanya di Gedung DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (2/10/2023).

Dia lantas menjelaskan bahwa setelah Pemilu 2024, akan diselenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) kelima, baru kemudian Kongres PDIP pada 2025.

Dalam periodisasi lima tahunan yang dijelaskannya, Kongres merupakan lembaga pengambil keputusan tertinggi dalam partai, termasuk penentuan ketua umum nantinya.

“Kultur PDI Perjuangan menyerap demokrasi arus bawah, yang menempatkan Bung Karno dan keluarga, khususnya Ibu Megawati tidak hanya sebagai pendiri tapi juga mampu melakukan suatu langkah-langkah konsolidasi kepartaian,” kata Hasto.

Hasto memuji kemampuan Megawati dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas, seperti halnya Jokowi.

“Sehingga terkait dengan ketua umum partai itu sepenuhnya berada di tangan Kongres, di mana dari bacaan yang kami lakukan setelah Rakernas memang menempatkan Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai sentral,” lanjutnya.

Bahkan dalam masa transisi ke depan, menurutnya, Megawati masih menjadi sosok pemimpin yang mampu mempererat anggotanya, lebih lagi untuk menyambut pemerintahan baru pada 2024 mendatang.

Sebelumnya, Guntur Soekarnoputra menganggap Jokowi dapat melanjutkan karier politiknya sebagai Ketum PDIP, seraya menyebut bahwa Megawati dapat menjadi Ketua Dewan Pembina.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Diusulkan Jadi Ketum PDIP, Hasto: Trah Soekarno Masih Sentral”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya