SOLOPOS.COM - Calon Presiden RI Ganjar Pranowo mengajak awak media melihat interior rumah keluarganya di Desa Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023). ANTARA/Abdu Faisal

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menanggapi deklarasi Pejuang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung capres-cawapres nomor nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Ganjar menyebut perbedaan pilihan adalah hal yang wajar terjadi. “Perbedaan pilihan dalam suatu partai atas dasar keinginan individu adalah hal yang wajar terjadi. Kalau individu boleh kita sebut oknum, itu bisa terjadi dari partai apapun karena ada juga (kader) dari partai lain mendukung saya,” kata Ganjar saat ditemui di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah pada Jumat (29/12/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurut dia, ketika pimpinan partai tidak tegas dalam mengatur anggotanya, maka akan berpotensi menimbulkan split ticket voting atau perbedaan pilihan politik dalam tubuh internal partai.

“Jadi, sebenarnya dalam konteks seperti ini, ketika antar-partai kita tidak firm betul mengendalikan anggotanya, maka split ticket akan terjadi. Dan split ticket ini terjadi dengan model dukungan-dukungan seperti itu,” jelasnya sebagaimana dilansir Antara.

Ganjar mencontohkan, terdapat kader dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang memberikan dukungan kepadanya meskipun mendapat ancaman sanksi pemecatan.

“Jadi, rupanya split ticket akan terjadi dengan pilihan yang tidak sesuai dengan anggota, oknum akan bisa melakukan itu,” ucapnya.

Oleh karena itu, menurutnya sudah menjadi tugas partai untuk mendisiplinkan kadernya agar dukungan partai kepada pasangan capres-cawapres di Pilpres 2024 tidak terpecah.

Sebagai informasi, kelompok yang mengatasnamakan diri sebagai Pejuang Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendeklarasikan diri untuk memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024.

Koordinator Nasional Pejuang PPP, Witjaksono, saat membacakan deklarasi di Jakarta, Kamis (28/12/2023), mengatakan dukungan mereka kepada Prabowo-Gibran dilandaskan pada keinginan luhur untuk kemajuan NKRI, serta memperhatikan tantangan ekonomi, geopolitik, dan keamanan global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya