SOLOPOS.COM - Cawapres no urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan gagasannya dalam debat perdana cawapres di JCC Senayan, Jumat (22/12/2023) malam. (Istimewa/Tangkapan Layar/Kompas TV)

Solopos.com, SOLO — Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, enggan menanggapi hasil terbaru survei Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud yang memperlihatkan keunggulan pada pasangan Prabowo-Gibran.

Bahkan dalam beberapa survei lainnya, kandidat capres-cawapres nomor urut 2 ini memang selalu menempati posisi pertama. Kendati demikian, Gibran tampak tenang dan tidak terlalu banyak berkomentar.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Enggaklah. Saya ini cupu saja kok,” katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/12/2023).

Dia juga enggan menanggapi banyaknya dukungan yang datang ke pasangan Prabowo-Gibran. “Enggaklah,” katanya.

Masih terkait survei, beberapa waktu lalu ia mengaku akan melakukan evaluasi setelah hasil survei terbaru keluar. Pada hasil survei tersebut, meski dinyatakan unggul, namun angka yang terlihat belum mampu membawa pasangan Prabowo-Gibran menang satu putaran dalam Pilpres 2024.

“Nanti kami evaluasi lagi ya,” katanya sebagaimana dilansir Antara. 

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, mengatakan dari survei internal diperoleh hasil pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan perolehan 41,1%.

Selanjutnya, pasangan Ganjar-Mahfud menyusul dengan perolehan 37% dan Anies-Muhaimin dengan angka 21,7%.

Ia mengatakan untuk metode survei yang dilakukan TPN, di antaranya menggunakan survei konvensional, kelompok diskusi di 31 kota, dan predictive media analysis.

Publikasi lembaga survei tersebut menunjukkan adanya dinamika elektabilitas masing-masing kandidat pasca debat, meskipun kalau dilihat secara mendetail perubahan-perubahan dalam survei elektabilitas itu masih sangat dinamis.

Soal Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, misalnya, elektabilitas pasangan capres dan cawapres yang didukung oleh mayoritas koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terus menunjukkan kenaikan.

Elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 43,7% versi Centre For Strategic and International Studies (CSIS) dan 46,7 persen versi Indikator Politik. Prabowo-Gibran unggul jauh dibandingkan dengan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya