SOLOPOS.COM - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok makan bareng di Wedangan Basuki, Purwosari, Solo, pada 2012 lalu. (Solopos/Dok)

Solopos.com, SOLO — Belakangan ini media sosial dihebohkan dengan narasi Ahok sebagai kuda putih Jokowi. Ternyata ini yang membuat netizen yakin dengan anggapan tersebut.

Sebagai kuda putih, tugas Ahok hanya satu yakni mengacau PDIP dari dalam. Bukan tanpa sebab netizen memunculkan teori yang demikian. Sebab menurut diskusi di Twitter, ada beberapa hal yang mungkin terjadi setelah Ahok tegas berdiri di belakang PDIP.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Salah satunya adalah mencegah kubu Anies dan kubu Ganjar bergabung. Sebab seperti diketahui, beberapa pihak dari Anies di masa lalu tidak sepaham dengan pihak-pihak yang ada di kubu Ganjar.

Salah satunya adalah Ahok dan Anies Bawedan. Masih hangat dalam ingatan tentang kasus penistaan agama yang menimpa Ahok. Mantan Gubernur DKI itu dilaporkan atas tuduhan penistaan agama jelang Pilkada DKI 2017. Imbasnya, Ahok divonis penjara selama dua tahun.

Usut punya usut, ternyata ada satu pernyataan Ahok yang membuat netizen membuat teori demikian. Pernyataan tersebut sempat menjadi caption unggahan Ahok di momen ulang tahun Presiden Jokowi pada tanggal 21 Juni 2023 lalu.

Dalam foto yang diunggah, mantan Gubernur DKI tersebut tampak tertawa lepas dengan Jokowi. Bahkan, Ahok menyinggung masalah loyalitas. Ahok mengatakan bahwa sebagai kawan dari Jokowi, dia akan selalu loyal.

“Selamat ulang tahun ke-62 Bapak Presiden @jokowi, Tetap sehat dan selalu ada sukacita dan damai sejahtera Tuhan menyertai seluruh hidupnya. Panjang umurnya dan diberkati dalam hidupnya. A Friend is always loyal,” tulis Ahok di akun Instagramnya.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menampik anggapan yang menyebut Ahok merupakan Kuda Troya atau kuda putih dari Jokowi. Anggapan tersebut menilai Jokowi sengaja menempatkan Ahok untuk mencegah kubu Ganjar bergabung dengan kubu Anies ke depan.

“Enggak ada kuda putih. Tapi itu [dukungan Ahok ke Ganjar-Mahfud] mengejutkan, kemungkinan besar mengejutkan Pak Jokowi,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Terungkap, Ini yang Bikin Netizen Yakin Ahok “Kuda Putih” Jokowi”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya