SOLOPOS.COM - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) berjalan keluar setibanya dari luar negeri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (4/10/2023). (Antara/Izzah Syafitri)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan menyampaikan secara resmi sikap partai pada Kamis (5/10/2023), terkait perkara hukum Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo,

Menurut rencana, Surya Paloh bakal menggelar konferensi pers.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Saat ini ada dua kader Partai Nasdem yang terjerat hukum. Mantan Menteri Kominfo Johnny G. Plate sudah berstatus sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi proyek BTS 4G Kominfo sementara Menteri Pertanian dikabarkan juga sudah berstatus tersangka KPK.

“Ketum bilang, besok (Kamis) akan disampaikan secara langsung. Tapi belum tahu jam berapa,” kata Sahroni di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Kamis dini hari.

Beberapa hari terakhir Syahrul Yasin dikabarkan hilang kontak saat berangkat ke Italia bersama delegasi Kementerian Pertanian (Kementan) pada 24 September 2023.

Namun, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah terdeteksi masuk ke Imigrasi Indonesia pada Rabu (4/10/2023) petang.

“Sudah masuk Imigrasi Indonesia (pukul) 18.41 WIB,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim.

Sementara itu, Kuasa Hukum Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) Febri Diansyah menyatakan, Mentan akan menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara, Kamis

“Saya diminta untuk menyampaikan, bahwa besok Pak Mentan akan ke istana menghadap bapak presiden,” katanya di Kantor DPP NasDem, Rabu malam.

Ketika ditanyakan apakah Mentan menghadap Presiden Jokowi untuk mengajukan pengunduran diri, Febri tidak merespons pertanyaan tersebut.

Dia memastikan bahwa Mentan akan menghadapi proses hukum itu, dan akan kooperatif menjalankan proses hukum yang sedang berjalan di KPK.

“Mentan memastikan bahwa perjalanan ke luar negeri adalah perjalanan dalam melakukan tugas. Jadi ada rangkaian tugas yang sudah dilakukan di beberapa hari tersebut,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya