SOLOPOS.COM - Sate Bumbon H. Rochmad di Jl. Kyai H. Abdul Wahab No.5, Timur perempatan, Pegandon, Kec. Pegandon, Kendal, Kamis (4/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, KENDAL—Tim Ekspedisi Mudik Solopos berkesempatan mencicipi kuliner khas Kendal yakni Sate Bumbon H. Rochmad di Jl. Kyai H. Abdul Wahab No.5, Timur perempatan, Pegandon, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, Kamis (4/4/2024).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Ketika Tim Ekspedisi Mudik Solopos tiba, Sate Bumbon H. Rochmad ramai pelanggan yang ingin berbuka puasa. Letaknya yang berada di pinggir jalan raya membuat lokasinya mudah ditemukan.

Satu porsi Sate Bumbon yang disajikan kepada kami terdiri dari lima tusuk satai daging sapi. Satai terasa nikmat ketika disantap dengan nasi dan semangkuk sayur lodeh atau nangka muda dan tauge.

Cara penyajiannya sesuai selera, sayur dapat langsung dicampur dengan nasi atau mangkuk terpisah. Bisa juga ditambah dengan kerupuk dan minuman satu gelas pasti akan membuat kenyang.

Yang membuat semakin nikmat adalah cita rasa sambal kacangnya. Rasa manisnya pas dan bisa ditambah kecap sesuai selera.

Lalu di atas satai masih ditambah irisan cabai hijau, bawang merah, dan tomat.

tim ekspedisi mudik
Sate Bumbon H. Rochmad di Jl. Kyai H. Abdul Wahab No.5, Timur perempatan, Pegandon, Kec. Pegandon, Kendal, Kamis (4/4/2024). (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Cita rasa satai ini semakin kuat lantaran tidak dibakar menggunakan bumbu kecap, namun bumbu rempah-rempah. Umumnya bumbu rempah yang digunakan seperti jahe, kemiri, dan bawang putih.

Konon, masih ada puluhan bumbu rempah lainnya yang turut diracik kemudian ditumbuk sebagai bumbunya. Tak salah jika banyak orang menyebutkan sate Bumbon di Kendal memiliki rasa rempah yang kuat.

Satu porsi Sate Bumbon H. Rochmad dibanderol dengan harga Rp32.500. Sedangkan jika ingin menambah sayur lodeh Rp10.000, nasi Rp5.000, dan es teh Rp4.000.

Kuliner ini cocok disantap untuk para pemudik yang sedang mampir di Kota Kendal. Setelah selesai mencicipi kuliner khas Kendal, Tim Ekspedisi Mudik melanjutkan ke Kota Solo.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program kolaborasi Solopos Media Group dengan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng-DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya