SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah kiri) bersama Perwakilan Keluarga Bung Karno Hasto Kristiyanto (tengah kanan) Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di GOR Saparua, Bandung, Rabu (28/6/2023). (Antara/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo yang diusung PDIP sebagai bakal capres hingga kini masih teka-teki. Namun, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengeluarkan sinyal yang mengindikasikan pendamping Ganjar adalah Ridwan Kamil.

Lontaran sinyal ini disampaikan Hasto melalui pantun yang ia lantunkan di hadapan Gubernur Jawa Barat tersebut, Rabu (28/6/2023). “Kang Emil [sapaan Ridwan Kamil] memang kaya prestasi, memajukan Jabar penuh daya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi, bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” ujar Hasto pada Peletakan Batu Pertama (groundbreaking) Pembangunan Monumen Plaza Dr.(HC) Ir.Soekarno yang terletak di kawasan GOR Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Hasto menyampaikan sejumlah pantun yang memuji Ridwan Kamil. Mulai dari keberhasilan membangun monumen megah hingga rencana Pembangunan Patung Bung Karno tertinggi di dunia di Jawa barat.

Merespons pantun dan pujian tersebut, Kang Emil menyampaikan terima kasih kepada Hasto. “Terima kasih kepada Pak Hasto Kristiyanto yang dengan pantun-pantun kreatifnya, sangat menyenangkan sekaligus mengagetkan,” kata Kang Emil.

Kang Emil lalu membalas pantun Hasto. “Burung cenderawasih burung bangau, indah warnanya; Terima kasih Mas Hasto, atas pantun-pantunnya,” kata Emil.

Sebelumnya, didampingi Hasto Kristiyanto, Ridwan Kamil bersama istri Atalia melakukan peletakan batu pertama  pembangunan Monumen Plaza Ir. Soekarno. Ridwan Kamil memanfaatkan momen itu menyampaikan dedikasinya untuk Pendiri Bangsa, khususnya Bung Karno.

Hasto yang mewakili keluarga Bung Karno mengatakan Megawati Soekarno Putri menitipkan salam sekaligus ungkapan terima kasih. “Beliau menyampaikan rasa haru dan menyampaikan terima kasih atas gotong royong anak bangsa yang dipimpin soekarnois-soekarnois muda,” kata Hasto meneruskan pesan Megawati.

Sebelum groundbreaking dilakukan, sesuai permintaan Megawati, diputarkan sebuah lagu baru karangan Bimbo berjudul “Bung Karno”. Selanjutnya, Hasto, Kang Emil, dan beberapa tokoh lainnya melakukan groundbreaking ditandai dengan penyekopan pasir dan batu.

Sejumlah tokoh hadir di acara tersebut, di antaranya Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono; dan Sekretarisnya, Ketut Sustiawan. Selain itu ada Wakil Ketua DPRD Jabar, Ineu Purwadewi Sundari dan Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan Chova.

Sementara itu, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terus mendorong PDIP agar menduetkan Ganjar Pranowo dengan jagoan mereka, Sandiaga Uno. PPP meyakini duet Ganjar-Sandiaga Uno akan memenangi Pilpres 2024 siapa pun lawannya.

“PPP meyakini paket Ganjar-Sandiaga Uno ini akan memenangkan kontestasi siapa pun lawannya. Itulah optimisme yang kami bangun, termasuk kami gerakkan kepada struktur PPP,” ujar Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi, saat menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk “Dominasi Pemilih Muda dan Masa Depan PPP” di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Baidowi menyampaikan PPP meyakini bergabungnya Sandiaga Uno ke partai tersebut pada 14 Juni 2023 akan mampu mendongkrak perolehan suara partai itu dalam Pileg 2024.

Menurut dia, hal tersebut dapat terjadi karena beberapa hasil survei menunjukkan Sandiaga kerap menduduki posisi teratas terkait perolehan elektabilitas sebagai Cawapres. Kemudian, elektabilitas itu diyakini pula akan berdampak pada peningkatan elektabilitas PPP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya