SOLOPOS.COM - Pengkostrad, Letjen TNI Maruli Simanjuntak. (Dok. Solopos.com-Antara)

Solopos.com, JAKARTA – Pergantian dan pengangkatan sejumlah perwira tinggi TNI berpotensi terjadi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, salah satunya untuk mengisi posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang berpeluang diisi Maruli Simanjuntak. 

Posisi yang diduduki oleh perwira tinggi (pati) itu saat ini sedang dijabat oleh Jenderal TNI Agus Subiyanto. 

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Jabatan itu dipegangnya sekitar sepekan setelah pelantikan dirinya dan pemberhentian secara hormat Jenderal Dudung Abdurachman oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).  

Kini, nama Jenderal Agus telah diajukan oleh Presiden sebagai calon tunggal Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono jelang masa pensiunnya.  

Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi mengatakan bahwa bursa calon KSAD masih diwarnai oleh nama-nama populer apabila tidak pergantian signifikan yang bisa mengubah konstelasi tersebut.  

Beberapa nama pati AD berpotensi menggantikan Jenderal Agus termasuk Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak. 

Selain menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan itu, terdapat nama-nama pati lainnya yang masuk ke bursa calon KSAD.  

“Dari generasi Akmil 90-an ada nama Sesmenko Polhukam Letjen Teguh Pujo Rumekso, Koorsahli KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa, dan ada juga nama Pangkostrad Maruli Simanjuntak,” kata Khairul, Kamis (2/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Adapun Khairul mengakui bahwa Letjen Maruli dinilai banyak pihak memiliki kans terbesar. Namun, dia menyebut masa aktif Letjen Maruli yang masih sekitar lima tahun bisa dianggap terlalu lama dan bisa memengaruhi proses regenerasi apabila menduduki posisi KSAD dalam waktu dekat. 

Selain tiga nama tersebut, beberapa pati AD yang dinilai berpotensi menggantikan Jenderal Agus berasal dari alumni Akademi Militer angkatan 1989. 

Mereka adalah Dankodiklat TNI Letjen Eko Margiyono, Komandan Pusterad Letjen Teguh Muji Angkasa, dan Kepala BAIS TNI Letjen Rudianto.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Letjen Maruli Menantu Luhut Punya Kans Jadi KSAD Gantikan Jenderal Agus”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya