SOLOPOS.COM - Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto bersiap dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Presiden Joko Widodo melantik Letnan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai KSAD menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang akan memasuki masa pensiun. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.

Solopos.com, JAKARTA — Ketua DPR RI Puan Maharani mengumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto untuk menjadi calon pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. 

Puan mengumumkan, Jokowi telah mengirimkan surat presiden (surpres) terkait nama calon panglima TNI baru itu. Oleh sebab itu, lanjutnya, DPR akan segera menindaklanjuti surpres dari presiden. 

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD,” ungkap Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (31/10/2023), dilansir Bisnis.com.

Dia menjelaskan, sesuai aturan yang berlaku, DPR punya waktu 20 hari untuk menindaklanjuti surpres dari Jokowi itu. 

Nantinya, DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test ke Jenderal Agus Subiyanto. 

“Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan panglima TNI yang akan datang,” ujar Puan. 

Sebelumnya, akhir pekan lalu, Jenderal TNI Agus Subiyanto resmi menjabat KSAD setelah upacara serah terima jabatan (sertijab) di Markas Besar TNI AD (Mabesad), Jakarta, Jumat (27/10/2023). 

Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Presiden Jokowi terhadap dirinya. 

Jokowi melantik Agus sebagai KSAD di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10). Jabatan terakhirnya sebelum menjadi KSAD merupakan Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad).

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Usulkan ke DPR KSAD Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya