SOLOPOS.COM - Ilustrasi membuka aplikasi TikTok. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Berbagai cara dilakukan oleh pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk menggaet dukungan anak muda pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya adalah dengan melakukan aksi live streaming di aplikasi Tiktok.

Baru-baru ini capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dan cawapres nomor urut 3, Mahfud Md, menggunakan fitur live streaming di platform Tiktok untuk berkampanye. Aksi mereka berdua menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Pakar komunikasi politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Adi Wibowo menilai aksi live streaming di TikTok oleh capres-cawapres menjadi cara untuk menggenjot partisipasi pemilih muda.

Dalam kegiatan live streaming tersebut, kata dia, ada interaksi antara warganet dan pasangan calon (paslon) sehingga akan memberi edukasi politik dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan anak muda di platform tersebut.

“Karena platform-nya di Tiktok, anak-anak muda banyak mengonsumsi informasi lewat media sosial ini. Jadi, kita sebut aja Pemilu Tiktok,” kata Kunto saat dihubungi dari Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Kunto mengatakan bahwa para kandidat capres-cawapres perlu mendorong pengetahuan anak muda tentang politik jika mau meraup suara anak muda pada Pilpres 2024. Maka, mereka mau tidak mau harus bersentuhan dengan media sosial itu.

Namun, bukan hanya mediumnya saja, menurut dia, peserta Pilpres 2024 juga perlu menyoroti target komunitas yang tepat jika ingin beraksi di media sosial. Ia menilai komunitas yang tepat bisa membantu menaikkan elektabilitas paslon tersebut.

“Komunitasnya ‘kan banyak, misalnya Pak Anies, kemarin ke K-Pop gitu, fans K-Pop itu ‘kan satu komunitas besar,” katanya sebagaimana dikabarkan Antara. 

Selain itu, paslon juga perlu memberi edukasi kepada anak muda terkait mekanisme pemungutan suara, mulai dari jenis surat suara hingga ajakan untuk datang ke TPS.

“Tentu saja peserta pemilu, termasuk capres/cawapres, ‘kan kalau mereka mau dipilih, anak mudanya harus tahu dahulu soal surat suara gitu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya