SOLOPOS.COM - Buku Panduan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023. (Kemenpppa)

Solopos.com, SOLO — Untuk memperingati Hari Ibu Nasional ke-95, masyarakat bisa mengunduh logo dan buku Panduan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 yang dirilis Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) dengan link download yang ada di bawah ini.

Dalam memperingati Hari Ibu Nasional ke-95, pemerintah mengambil tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju. Tema besar tersebut diturunkan menjadi empat sub tema, di antaranya Perempuan Bersuara, Perempuan Berdaya dan Berkarya, Perempulan Peduli, serta Perempuan dan Revolusi.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dalam sambutannya, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan peringatan Hari Ibu di Indonesia adalah momen penting bagi penghargaan dan penghormatan terhadap seluruh perempuan Indonesia, atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

Selain tema, pemerintah juga telah merilis logo dan buku Panduan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 pada 22 Desember mendatang. Dalam buku tersebut, logo Hari Ibu Nasional pada tahun ini terdiri dari Setangkai Bunga Melati, Angka 95, dan Merah Putih.

Setangkai Bunga Melati – Kuntum

Kasih sayang kodrati antara ibu dan anak, kekuatan, kesucian antara ibu serta pengorbanan anak, kesadaran perempuan untuk menggalang kesatuan dan
persatuan,, keikhlasan bakti dalam pembangunan bangsa dan negara.

Angka 95

95 tahun sudah para perempuan Indonesia yang
tergabung dalam berbagai organisasi dan lembaga swadaya masyarakat, baik secara kelompok maupun individu, turut berpartisipasi aktif membangun
bangsa di berbagai sektor.

Merah Putih Berkibar

Bendera telah dikibarkan oleh para perempuan Indonesia, berarti perjuangan perempuan pantang menyerah mempertahankan dan mengisi kemerdekaan untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa.

Untuk link download logo dan buku Panduan Peringatan Hari Ibu ke-95 Tahun 2023 pada 22 Desember mendatang bisa langsung klik di sini.

Sebagai informasi, Hari Ibu Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember ini tak bisa lepas dari peran Presiden Pertama RI, Soekarno. Adapun lahirnya Hari Ibu ini diawali dengan Kongres Perempuan Indonesia pertama yang digelar di Yogyakarta pada 22 Desember 1928 silam. Acara ini diikuti oleh 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatra.

Kemudian, diadakan kongres ketiga yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat pada 1938. Pada kongres tersebut, akhirnya tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai peringatan Hari Ibu Nasional. Sebagaimana tertulis dalam Dekrit RI No. 316/1953 yang langsung diresmikan Presiden Soekarno.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat perempuan Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya