News
Selasa, 20 Februari 2024 - 17:39 WIB

Lihat Banyak Kecurangan, Cak Imin Siap Ikuti Pilpres 2024 Putaran Kedua

Reyhan Fernanda Fajarihza  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 03 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (kiri) berfoto dengan warga usai kunjungannya di Pondok Pesantren Darul Karomah, Gandekan, Jebres, Solo, Senin (5/2/2024). Cak Imin tiba di pondok pesantren sekitar pukul 14.10 WIB dan berbincang dan berdoa bersama dengan Kyai Sofyan Fauzi serta pengurus pondok untuk bersilahturahmi dengan pengurus pondok. Usai dari kunjungannya, Cak Imin disambut sejumlah warga untuk berfoto dan bersalaman. (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO — Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyatakan siap masuk putaran kedua Pilpres 2024 bersama capres Anies Baswedan. Hal tersebut disampaikan seusai berkumpul dengan Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin (THN AMIN) dalam persamuhan yang membahas terkait dugaan kecurangan yang terjadi pada penyelenggaraan Pemilu 2024.

“THN akan menyiapkan berbagai langkah-langkah hukum untuk memberikan kepastian bahwa pasangan AMIN adalah pasangan yang memiliki kesiapan untuk masuk di putaran kedua,” katanya di Posko THN AMIN, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2024).

Advertisement

Menurutnya, THN saat ini terus mengumpulkan fakta dan data terkait potensi kecurangan pemilu, demi berlangsungnya pemilu yang jujur dan adil.

Itu sebabnya, Muhaimin berterima kasih atas kinerja tim hukum tersebut, baik di tingkat nasional maupun daerah. Sementara itu, Ketua THN AMIN Ari Yusuf Amir mengatakan bahwa pihaknya telah memverifikasi bukti-bukti tersebut dan melaporkannya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

“Kami menemukan banyak sekali fakta-fakta kecurangan yang telah kami verifikasi, laporan ini sudah kami follow up, laporan-laporannya sudah masuk ke Bawaslu,” terangnya.

Advertisement

Ari melanjutkan, pihaknya siap mengawal hal ini sampai titik darah penghabisan. Dia juga menyebut bahwa pihaknya mengajukan laporan sesuai prosedur hukum yang ada.

Sebelumnya, Ari juga menyebutkan bahwa pihaknya membuka diri dengan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md terkait penegakan hukum pada Pemilu 2024. Ari mengatakan bahwa kedua paslon memiliki tujuan yang sama untuk menegakan hukum dan menumpas kecurangan di Pemilu 2024.

“Kami membuka diri [bekerja sama]. Kita punya kepentingan yang sama untuk tegakkan Hukum dan demokrasi, kita buka diri untuk itu,” kata Ari saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2024).

Advertisement

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Didukung Temuan Tim Hukum AMIN, Cak Imin Siap Ikuti Pilpres 2 Putaran”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif