SOLOPOS.COM - Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendukung pasangan Prabowo-Gibran. (Istimewa/Tangkapan Layar)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan resmi secara terbuka mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran dalam kontestasi pemilihan umum atau Pemilu serentak 14 Februari 2024 mendatang.

Luhut beralasan pasangan nomor urut 02 ini memiliki visi keberlanjutan dan hilirisasi yang jelas untuk melanjutkan program pembangunan yang telah dikerjakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama hampir 10 tahun ini.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Luhut Binsar Pandjaitan (@luhut.pandjaitan)

“Kita pilih orang yang tepat menjadi presiden, saya pribadi memilih Pak Prabowo dengan alasan yang sederhana berkelanjutan,” kata Luhut lewat keterangan video di akun instagram pribadinya, Sabtu (3/2/2024), dilansir Bisnis.com.

Prabowo, menurut Luhut, adalah figur pemimpin yang diperlukan Indonesia saat ini. Menurut dia, Prabowo orang yang konsisten, pemberani dan rasional dalam berpikir.

“Ucapan saya bukan tanpa alasan, karena Pak Prabowo yang saya kenal sejak 40 tahun lalu ketika sama-sama tergabung dalam Korps Baret Merah,” kata dia.

Selain itu, dia menilai positif pilihan Prabowo untuk menggandeng putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sebagai pendampingnya. Gibran, kata dia, bisa mewakili visi dan kepentingan anak muda dalam pemerintahan berikutnya.

Dia meminta masyarakat untuk tidak memandang sebelah mata Gibran, yang notabene relatif masih muda dan baru mengembang jabatan publik setingkat wali kota di Solo.

Menurut dia, Gibran memiliki corak kepemimpinan yang mirip dengan ayahnya saat menjabat Walikota Surakarta saat itu.

“Keterwakilan anak muda dalam diri Mas Gibran, memantapkan saya untuk memilih pasangan ini pada 14 Februari 2024 nanti sebagai pelanjut tongkat estafet kepemimpinan yang akan membawa negeri ini menuju visi besar Indonesia Emas 2045,” kata dia.



 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Deklarasi di Instagram, Menko Luhut Pandjaitan Resmi Dukung Prabowo-Gibran”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

4 Kecelakaan Libatkan Kereta Api dalam 2 Hari di Klaten, 4 Orang Meninggal

4 Kecelakaan Libatkan Kereta Api dalam 2 Hari di Klaten, 4 Orang Meninggal
author
Suharsih Kamis, 2 Mei 2024 - 17:05 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas mengevakuasi mobil yang tertabrak KA di perlintasan tanpa palang di Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Klaten, Rabu (1/5/2024) siang. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Empat kali peristiwa kecelakaan yang melibatkan kereta api (KA) terjadi dalam dua hari terakhir di wilayah Kabupaten Klaten, Rabu-Kamis (1-2/5/2024). Dari empat kejadian itu, empat orang meninggal dunia.

Berdasarkan data yang diperoleh Solopos.com, empat kejadian kecelakaan itu, pertama terjadi di perlintasan berpalang dan berpenjaga di Tambak Pancasan wilayah Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Rabu (1/5/2024) sekitar pukul 00.56 WIB.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Seorang warga Kecamatan Trucuk berinisial WD, 40, meninggal dunia setelah tertabrak KA di lokasi tersebut.  Berdasarkan informasi dari Polsek Kalikotes, saat itu penjaga palang KA Tambak Pancasan sesudah menutup pintu palang perlintasan dan melihat kedatangan kereta dari arah timur.

Tiba-tiba penjaga itu melihat seseorang berdiri menghadap KA dan tertabrak hingga terpental dan meninggal dunia. Selanjutnya, kejadian kedua yakni kecelakaan mobil berpenumpang dua orang tertabrak KA saat menyeberang perlintasan tanpa palang di Dukuh Bakalan, Desa Boto, Kecamatan Wonosari, Klaten, Rabu (1/5/2024), sekitar pukul 11.30 WIB.

Koran Solopos

Mobil saat itu melaju dari arah barat atau dari arah Dukuh Bakalan menuju Boto. Sementara KA melaju dari arah utara atau dari Solo menuju Jogja. Akibat kejadian tersebut, satu orang penumpang mobil meninggal dunia sementara satu orang lainnya mengalami luka dan dalam kondisi di rumah sakit.

Peristiwa ketiga terjadi pada Kamis (2/5/2024) sekitar pukul 03.40 WIB. Seorang perempuan yang belum diketahui identitasnya tertabrak KA di wilayah Desa Jambukulon, Kecamatan Ceper, Klaten.

Kapolsek Ceper, AKP Aris Joko Narimo, mengatakan lokasi kejadian yakni di Km 129 samping perlintasan JPL 247 atau sekitar 30 meter sebelah utara palang KA Stasiun Ceper. Polisi bersama petugas keamanan stasiun mengevakuasi jenazah korban dan membawanya ke RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Emagazine Solopos

Keselamatan KA

Tidak ditemukan bukti identitas diri pada tubuh korban. “Mrs X, tanpa identitas. Perempuan berumur sekitar 45 tahun, rambut hitam sebahu, badan sedikit gemuk, memakai celana kolor biru dongker, kaus hijau, memakai cincin di jari tengah tangan kiri, serta ditemukan jilbab warna merah maroon di dekat jenazah,” jelas Kapolsek Ceper kepada wartawan, Kamis.

Terakhir yakni kejadian orang tertabrak KA pada Kamis sekitar pukul 10.30 WIB. Peristiwa itu terjadi perlintasan KA wilayah Dukuh Sendangan, Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara.

Korban diketahui merupakan warga Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara. Berdasarkan data yang dihimpun dari Polsek Klaten Utara, korban seorang pria berinisial US, 67.

Interaktif Solopos

Dimintai tanggapannya mengenai rentetan kejadian kecelakaan yang melibatkan kereta api dalam dua hari terakhir di Klaten, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, kembali mengingatkan agar warga maupun pengendara tetap waspada dan berhati-hati ketika menyeberang perlintasan KA.

Krisbiyantoro menjelaskan Daop 6 Yogyakarta mencatat ada empat kejadian temperan pada KA dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu dua hari pada Rabu-Kamis (1-2/5/2024). Total selama 2024 hingga kini ada 18 kasus kereta api tertemper baik oleh kendaraan atau orang.

Empat kejadian selama dua hari di wilayah Klaten berturut-turut menimpa KA Bungtalun Service, KA Sancaka, dan KA Mutiara Selatan yang tertemper pejalan kaki di jalur KA antara Stasiun Gawok hingga Klaten. Sementara, KA Argo Wilis tertemper mobil di perlintasan sebidang KM 122+0 jalur hilir antara Stasiun Gawok-Delanggu.



“Dari kejadian yang berturut-turut tersebut, Daop 6 Yogyakarta mengajak untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan keselamatan baik keselamatan diri maupun yang paling utama adalah keselamatan kereta api yang membawa banyak nyawa,” kata Krisbiyantoro berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

DPRD Solo Lebih Berwarna, Gibran: Masukan dari Banyak Perspektif

DPRD Solo Lebih Berwarna, Gibran: Masukan dari Banyak Perspektif
author
Kurniawan , 
Ahmad Mufid Aryono Kamis, 2 Mei 2024 - 17:02 WIB
share
SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat diwawancara wartawan seusai menghadiri rapat pleno penetapan kursi dan calon terpilih Anggota DPRD Solo, Kamis (2/5/2024). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menghadiri Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Solo, Kamis (2/5/2024).

Pantauan Solopos.com, Gibran tiba di Kantor KPU Solo sekitar pukul 14.19 WIB. Dia langsung masuk ke Aula Kantor KPU Solo dan mengikuti jalannya rapat. Gibran duduk bersebelahan dengan Anggota Bawaslu Solo, Poppy Kusuma.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Saat diwawancara wartawan Gibran mengaku sudah tidak sabar untuk bekerja sama dengan para Caleg terpilih DPRD Solo periode 2024-2029. Namun sebanyak 45 Caleg terpilih tersebut baru akan dilantik pada Agustus 2024.

“Penetapan perolehan kursi berjalan dengan lancar, dan kami dari Pemkot Solo sudah tidak sabar bekerja sama dengan para-para calon legislatif yang baru yang akan dilantik bulan Agustus ini,” ujar laki-laki yang juga Cawapres terpilih itu.

Koran Solopos

Ihwal komposisi baru anggota DPRD Solo 2024-2029, Gibran menyatakan akan merangkul semua kekuatan politik. Baik legislator dari partai-partai yang memang mendukung pemerintahan, maupun yang tidak atau posisi oposisi.

“Intinya kami kan merangkul semua, yang di luar, yang di dalam, oposisi. Kami ingin mendapatkan masukan sebanyak mungkin, evaluasi sebanyak mungkin, seperti LKPj [Laporan Keterangan Pertanggungjawaban] kemarin,” urai dia.

Ditanya harapan terhadap para Caleg terpilih DPRD Solo, menurut Gibran, agar dapat menstimulasi, mengontrol dan memberikan masukan untuk program-program Pemkot Solo. Lagi-lagi dia mencontohkan rekomendasi LKPj 2023.

Emagazine Solopos

Ihwal pembangunan atau pengembangan Solo ke depan, Gibran menyatakan pembangunan fisik sudah cukup kencang beberapa tahun terakhir. Sehingga menurut dia ke depan perlu pembangunan nonfisik untuk kemajuan kota.

“Karena beberapa tahun terakhir sudah fokus pembangunan fisik, tentu ke depan kita ingin fokus ke pembangunan non-fisik utamanya SDM [sumber daya manusia] ya,” kata dia. Ihwal komposisi DPRD Solo lebih berwarna, menurut Gibran bagus.

Sebab akan lebih banyak warna dan masukan-masukan bagi Pemkot Solo, dari perspektif yang berbeda-beda pula. “Saya kira lebih berwarna ya, akan lebih banyak masukan dari perspektif yang berbeda-beda pula,” pungkas dia.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Prioritaskan Keamanan Pengunjung, Saloka Rutin Cek dan Merawat Wahana

Prioritaskan Keamanan Pengunjung, Saloka Rutin Cek dan Merawat Wahana
author
Rohmah Ermawati Kamis, 2 Mei 2024 - 17:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Taman hiburan Saloka Theme Park di Tuntang, Kabupaten Semarang. (Istimewa/Saloka)

Solopos.com, SEMARANG–Taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah, Saloka Theme Park, yang ada di Tuntang, Kabupaten Semarang bersiap-siap menyambut liburan sekolah, terutama dalam hal keamanan wahana.

Saloka yang telah menjadi destinasi wisata favorit warga Jawa Tengah ini memiliki 5 zona dengan 25 wahana yang cocok untuk segala usia, mulai dari wahana keluarga hingga ekstrem.

Promosi BRI Kembali Gelar Program Pemberdayaan Desa Melalui Program Desa BRILiaN 2024

Pada awal April lalu, Saloka juga telah meresmikan wahana baru yaitu Petualangan Galileo yang memberikan pengalaman bermain sambil belajar dengan menjelajahi tujuh zona petualangan.

Salah satu hal yang paling utama bagi Saloka adalah keamanan. Saloka terus melakukan rutinitas pengecekan dan pembenahan wahana demi keamanan sekaligus kenyamanan ribuan pengunjung yang berlibur ke Saloka.

Koran Solopos

“Kami selalu melakukan agenda perawatan secara detail pada semua wahana, seperti pada wahana favorit Bengak Bengok, kami akan memberikan oli atau grease pada mesin penggeraknya, lalu pembersihan konsol, perbaikan dan penggantian sparepart yang masa pemakaiannya sudah hampir habis serta agenda-agenda lainnya,” kata SPV Maintenance Rides Saloka Theme Park, Daniel Joko Sismanto, dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (2/5/2024).

Joko juga menambahkan setiap hari dirinya beserta timnya akan melakukan test ride atau pengecekan wahana sebelum Saloka beroperasional dan sebelum menyerahkan ke tim operasional yang bertugas menjaga wahana untuk memastikan wahana tersebut sudah layak jalan.

“Kebanyakan pengunjung saat liburan sekolah adalah keluarga yang senang bermain wahana air, maka untuk menghadapai masa liburan, kami sedang fokus untuk perawatan wahana air dan juga wahana ekstrem,” tambah Joko.

Emagazine Solopos

Dengan berbagai upaya dan konsistensi dalam hal perawatan, manajemen Saloka terus memperhatikan dan mengutamakan keamanan wahana sehingga bisa membuat semua pengunjungnya nyaman saat liburan bersama rekan maupun keluarga.

Diketahui, jam operasional Saloka yaitu dari pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB pada hari biasa, sedangkan saat hari libur mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Para pengunjung juga bisa membeli tiket Saloka melalui website www.SalokaPark.com atau secara offline di loket tiket.

Saloka memiliki 25 wahana dengan luas area lebih dari 12 hektare. Objek wisata ini menyediakan wahana hiburan tematik dan edukatif berbasis legenda rakyat Jawa Tengah. Saloka dikembangkan dan dibangun oleh tim berpengalaman dengan lisensi Internasional, sehingga memenuhi standar keamanan.

Interaktif Solopos



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories