SOLOPOS.COM - Ilustrasi: Pemakaman calon haji asal Demak yang meninggal dunia di Madinah. (ANTARA/HO-PPIH Surabaya)

Solopos.com, JEDDAH — Menteri Kesehatan Saudi Fahd Al-Jalajel mengatakan lebih dari 1.300 jemaah meninggal dunia selama ibadah haji tahun ini di Makkah, Arab Saudi

“Total 1.301 jemaah haji meninggal dunia karena sebab alamiah, dan lebih dari 83 persen dari mereka tidak terdaftar,” kata Al-Jalajel kepada stasiun televisi Saudi, Al Ekhbariya, pada Minggu (23/6/2024), dilansir Antara.

Promosi Inilah Sederet Penghargaan Internasional yang Diraih BRI di Bulan Juni 2024

Sebanyak 95 jemaah haji yang tidak terdaftar masih berada di sejumlah rumah sakit di Arab Saudi, sedangkan beberapa dari mereka harus diterbangkan ke ibu kota Riyadh untuk menerima bantuan medis yang diperlukan, kata sang menteri.

Secara keseluruhan, para dokter di Saudi memberikan perawatan medis darurat kepada jemaah sebanyak 30.000 kali selama haji tahun ini.

Kemudian, tambahan sebanyak 6.500 tempat tidur rumah sakit ditempatkan di sejumlah lokasi yang digunakan untuk beribadah.

Selama musim haji 2023, sebanyak 240 orang meninggal dan lebih dari 10.000 jemaah mengalami sakit dampak cuaca panas.

Di sisi lain, Kementerian Agama (Kemenag) mencatat jumlah jemaah haji yang meninggal dunia di tanah suci terus bertambah.

Informasi yang dikutip dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) sampai Senin (24/6/2024) pukul 07.54 WIB, jumlah jemaah haji yang meninggal sebanyak 234 orang.

Adapun sebagian besar jemaah yang meninggal termasuk dalam kategori risiko tinggi (risti), sementara sebagian kecil jemaah di antaranya tidak termasuk dalam kategori tersebut.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan tersebut, lokasi wafat dari para jemaah tersebut berada di Makkah, Madinah, Arafah, Mina, dan Jeddah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya