News
Rabu, 14 Februari 2024 - 17:10 WIB

Komentari Quick Count Pilpres 2024, Anies: Masih Terlalu Awal

Nugroho Meidinata  /  Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anies Baswedan saat menggunakan hak pilihnya di TPS 60. (Metro TV)

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, mengomentari hasil penghitungan cepat atau quick count Pilpres 2024, Rabu (14/2/2024). Dia menyebut hasil hitung cepat itu masih terlalu awal, sehingga dia meminta masyarakat menunggu hasil penghitungan suara versi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita lihat dulu, ini masih terlalu awal. Jadi jangan tergiring yang serba cepat,” kata Anies.

Advertisement

Senada dengan Anies, Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Syaugi, mengimbau masyarakat untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara yang dikeluarkan oleh KPU RI.

Ia menjelaskan, saat ini proses penghitungan suara masih masuk sebanyak 2% secara real count sampai pada Rabu pukul 16.00 WIB.

“Kami ingin memberi tahu kepada media dan masyarakat luas, bahwa sampai saat ini (pukul 16.00 WIB), masih dilakukan penghitungan real count dan masih sangat awal yaitu dua persen suara yang masuk,” kata Syaugi saat menjawab pertanyaan wartawan di Markas Pemenangan Timnas AMIN di Jl Diponegoro 10, Menteng, Jakarta.

Advertisement

Lebih lanjut, ia menjelaskan, semua pihak harus menunggu hasil penghitungan suara sesuai imbauan dari KPU RI.

Syaugi menekankan Timnas AMIN juga telah melakukan penghitungan internal dengan real count suara yang masuk sekitar 2%.

Ia menegaskan, tidak mempermasalahkan lembaga survei yang mengeluarkan data terkait hasil hitung cepat, yang menunjukkan hasil paslon nomor urut 2 berada di urutan pertama dengan rata-rata melebihi 53% suara.

Advertisement

“Lembaga survei boleh saja mengeluarkan data-data itu. Itu tidak ada bedanya dengan survei biasa selama ini,” ujar Syaugi sebagaimana dilansir Antara.

Oleh karena itu, Syaugi mengatakan bahwa data dari KPU RI harus menjadi acuan dalam Pilpres 2024, sehingga prosesnya masih akan menunggu hingga malam nanti.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif