SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilu. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemungutan suara dalam Pemilu 2024 digelar Rabu (14/2/2024). Dalam Pemilu kali ini pemilih memilih capres-cawapres, caleg untuk DPRD kabupaten/kota, caleg untuk DPRD provinsi, caleg untuk DPR, dan calon anggota DPD.

Berikut ini kemeriahan pemungutan suara dalam Pemilu 2024 yang dirangkum Solopos.com dalam live event.

Promosi Siasat BRI Hadapi Ketidakpastian Ekonomi dan Geopolitik Global

Live Event Pemilu 2024 Nasional

  • 22.15 WIB

Anies Baswedan menyatakan menghormati keputusan KPU terkait hasil Pilpres 2024. Ia menegaskan akan terus berada di dalam gerakan perubahan yang selama ini digaungkan dan berjanji tidak akan bergeser.

  • 20.00WIB

Sejumlah pendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) di Markas Tim Pemenangan Nasional (Timnas) mendeklarasikan kemenangan pasangan AMIN dan melawan kecurangan pada Pemilu 2024. Mereka secara spontan menaiki panggung di lokasi setelah ada sejumlah orang yang melakukan ajakan deklarasi tersebut. Aksi itu merespons pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang menggelar kegiatan di Istora Senayan pada waktu yang bersamaan.

  • 19.45 WIB

Pasangan capres cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melakukan pidato kemenangan menyusul unggulnya mereka dalam quick count Pilpres 2024. Dalam kesempatan itu, Prabowo berterima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan.

  • 18.24 WIB

Jusuf Kalla mengomentari hasil quick count atau hasil hitung cepat sementara Pilpres 2024. Pria yang akrab disapa JK itu juga mengomentari dugaan adanya kecurangan pada Pilpres 2024.

“Kita menunggu hasil resmi dari KPU. Quick count itu kita lihat sebagai suatu perhitungan awal, tapi yang menentukan penghitungan resmi KPU. Kesimpulannya kita menunggu, baru teman-teman mengambil sikap,” ujar JK

“Kalau itu [kecurangan] kita lihat film dan berita-berita yang Anda [pers dan non pers] buat kan semuanya mengindikasikan [kecurangan], tapi semuanya menunggu,” tandas JK.

  • 17.58 WIB

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menilai banyak kejanggalan dan kecurangan dalam proses quick count hitung cepat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu disampaikan saat menanggapi hasil hitung cepat sementara beberapa lembaga survei yang datanya sudah masuk hampir 40% dan menunjukkan keunggulan untuk Prabowo-Gibran.

  • 17.45 WIB

Muncul frasa “RIP Demokrasi” di Twitter. Kemenangan Paslon Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, diwarnai kemunculan trending topic yang mengejutkan di Twitter. Frasa “RIP Demokrasi” menggaung dan menjadi trending topic teratas sebagai ungkapan ketidakpuasan sebagian netizen atas kemenangan Prabowo-Gibran.

  • 16.45 WIB

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengomentari hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2024. Dia mempertanyakan hasil suara tersebut. “Percaya tidak suara saya segitu,” kata Ganjar.

  • 16.40 WIB

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan akan menunggu hasil perhitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurut Anies, hasil quick count Pilpres 2024 masih terlalu awal. “Kita lihat dulu, ini masih terlalu awal. Jadi jangan tergiring yang serba cepat,” kata Anies.

  • 16.14 WIB

Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, menanggapi dingin tentang keunggulannya dalam perolehan suara sementara versi quick count . “Tunggu saja nanti sampai perhitungan selesai. Jangan mendahului,” ucap Gibran.

  • 15.05 WIB

Paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo – Mahfud MD menang telak di TPS 11 Lempongsari, tempat Ganjar mencoblos. Ganjar-Mahfud memperoleh 172 suara, Prabowo-Gibran 76 suara, dan AMIN 19 suara.

  • 14.35 WIB

Pasangan calon 02 Prabowo Subiant0 – Gibran Rakabuming Raka menang di TPS 034 Manahan, Solo, tempat Gibran Rakabuming Raka menggunakan hak suaranya. Jumlah suara yang diperoleh Prabowo – Gibran adalah 110 suara, Ganjar – Mahfud 53 suara, dan AMIN enam suara.

  • 11.08 WIB

Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka dan istri, Selvi Ananda mencoblos di TPS 34 yang berlokasi di Jalan Kasuari II, Manahan, Solo, Jawa Tengah. Terlihat Gibran mengenakan pakaian dengan warna senada, yakni krem dan abu-abu.

  • 11.00 WIB

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri bersama anak dan cucunya menggunakan hak suaranya di TPS 53 yang berlokasi di Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Turut hadir menemani Megawati ada Puan Maharani dan putra putrinya.

  • 10.30 WIB

Wapres RI Ma’ruf Amin dan istri melakukan pencoblosan di TPS 33 yang berlokasi di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Dalam menggunakan hak suaranya itu, Wapres menggenakan batik bercorak dan sang istri mengenakan gamis berwarna cokelat.

  • 09.40 WIB

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla dan istri mencoblos di TPS TPS 03 yang berlokasi di Jl Brawijaya IV, Kelurahan Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

  • 09.35 WIB

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan sang istri, Anisa Pohon menggunakan hak suaranya di TPS 101 Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Terlihat AHY da Anisa Pohan mengenakan pakaian yang senada, yakni biru.

  • 09.30 WIB

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ditemani sang putra Edhi Baskoro Yudhoyono menggunakan hak pilihnya di TPS 16 yang berlokasi di Kelurahan Ploso, Pacitan, Jawa Timur.

  • 09.00 WIB

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menggunakan hak pilihnya di TPS 33 yang berada di Kampung Curug, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Terlihat Prabowo datang ditemani asistennya, Rizky Irmansyah.

  • 08.50 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi melakukan pencoblosan di TPS 10 yang berlokasi di Gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN), Gambir, Jakarta Pusat. Dalam momen ini, Jokowi terlihat mengenakan pakaian berwarna putih dan celana hitam.

  • 08.35 WIB

Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo ditemani istri dan anaknya mencoblos di TPS 11 yang berlokasi di Lempongsari, Gajahmungkur, Semarang, Jawa Tengah. Ganjar terlihat mengenakan pakaian dengan warna putih saat menggunakan hak pilihnya.



  • 08.30 WIB

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan bersama keluarga mencoblos di TPS 60 yang berlokasi di Jl Lebak Bulus II, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. Anies dan rombongan berangkat ke TPS dengan berjalan kaki karena lokasinya dekat dengan kediamannya.

  • 08.10 WIB

Cawapres nomor urut 01 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) didampingi istrinya, Rustini Mutardho serta ketiga anaknya menggunakan hak pilihnya di TPS 032 yang berlokasi di Jl Kemang Raya 112, Bangka, Mampang, Jakarta Selatan.

  • 08.05 WIB

Cawapres nomor urut 03 Mahfud MD ditemani istri, Zaizatun Nihayati mencoblos di TPS yang berlokasi di Sambilegi, Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY. Sebelum mencoblos, Mahfud MD memperlihatkan surat suara kepada awak media.

  • 07.20 WIB

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menggelar doa bersama sebelum berangkat mencoblos di TPS. Doa tersebut dipimpin oleh ibunda Anies, Aliyah Rasyid.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya