SOLOPOS.COM - Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat membuka kegiatan Sosialisasi ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Surabaya, Kamis (15/6/2023). (ANTARA/Willi Irawan)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Yahya Cholil Staquf meminta masyarakat Indonesia mengedepankan peradaban dalam kompetisi Pilpres 2024 yang mulai menghangat.

Menurut Gus Yahya, sikap PBNU di tahun politik ini kembali pada warisan peradaban yang harmoni dan penuh toleransi.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Ia mengingatkan kegaduhan dan keributan terkait Pilpres tak perlu terjadi.

“Jangan ribut, ini cuma prosedur saja kok. Kita bukan mau bertarung hidup mati soal presiden kok,” ujar Gus Yahya seusai membuka kegiatan Sosialisasi ASEAN Intercultural and Interreligious Dialogue Conference (IIDC) 2023 di Surabaya, Kamis (15/6/2023).

Kakak kandung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas itu urun rembuk soal kriteria sosok yang layak menjadi Presiden Indonesia selanjutnya setelah Joko Widodo.

Menurut Gus Yahya, Presiden harus punya kecerdasan, kebijaksanaan, takut kepada Tuhan dan penuh kasih kepada rakyatnya.

“Yang cerdas, yang bijaksana, yang takut kepada Tuhan, dan mengasihi rakyatnya,” ucap Gus Yahya.

Dalam agenda IIDC 2023 itu, ia mengatakan saat ini PBNU ingin membangkitkan ingatan kolektif terhadap warisan peradaban yang pernah dimiliki oleh masyarakat di kawasan Indo-Pasifik yang dulu berhasil dikonsolidasikan pada masa Ashoka.

“Maka, kami menawarkan apa yang kami sebut pendekatan Ashoka, atau Ashoka approach. Itu pendekatan untuk melakukan kampanye dan konsolidasi nilai-nilai peradaban mencakup kawasan yang luas di kawasan Indo-Pasifik ini, yang isi subtansinya dari nilai-nilai peradaban itu, adalah toleransi dan harmoni,” tuturnya.

Karena menurutnya, sesudah masa itu, ada banyak disrupsi dan pengaruh-pengaruh baru yang sebagian memicu disharmoni.

Oleh karena itu, ia mengajak untuk menghidupkan kembali watak, semangat toleransi dan harmoni dari masyarakat kawasan Indo-Pasifik yang dulu pernah dimiliki.

“Mari kita bangkitkan kembali, supaya ini menjadi basis konsolidasi di kultural untuk kemudian kita tawarkan kepada pelaku-pelaku politik, aktor-aktor politik, untuk dijadikan political brand, sebagai konsolidasi politik, menuju lahirnya peradaban baru,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya