SOLOPOS.COM - Ketua MK Anwar Usman saat memimpin sidang putusan uji materi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja menjadi Undang-Undang di Gedung MK, Jakarta, Senin (2/10/2023). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman, akan diperiksa lagi oleh MKMK pada hari ini, Jumat (3/11/2023), yang dikomentari oleh Kaesang Pangarep, adik Gibran Rakabuming Raka yang pencalonannya menjadi bakal cawapres menuai polemik.

Dilansir Bisnis.com, Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie, sudah mengatakan bahwa MKMK telah mengagendakan pemeriksaan kedua Anwar Usman terkait pelanggaran kode etik hari ini. 

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Menurut Jimly, Anwar Usman perlu diperiksa dua kali lantaran paling banyak menerima laporan terkait kasus pelanggaran kode etik. 

Mengacu pada pemanggilan kedua Anwar Usman, nasib Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto pun dipertanyakan. 

Sebab banyak yang percaya jika Anwar Usman dinyatakan bersalah, maka keputusan Anwar Usman dalam putusan batasan usia Capres dan Cawapres yang telah ditetapkan, akan dianulir, meski dengan mekanisme yang cukup rumit. 

Adik Gibran, Kaesang Pangarep, berbicara tentang nasib kakaknya itu jika keputusan MKMK pada akhirnya dianulir. 

Kepada wartawan, Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu hanya mengatakan bahwa apapun yang terjadi, PSI tetap akan mendukung Prabowo Subianto. Itu artinya ada atau tidak ada Gibran Rakabuming Raka, PSI akan tetap berada di belakang Capres Koalisi Indonesia Maju tersebut. 

“Enggak apa-apa, kita tetap di KIM, mau (bacawapres) berubah, enggak berubah, kita tetap (bertahan),” kata Kaesang. 

Putra bungsung Presiden Joko Widodo tersebut kemudian menegaskan bahwa PSI sudah berkomitmen dengan Prabowo. 

“Enggak apa-apa, kita sudah berkomitmen dengan Prabowo,” ia menambahkan. DIberitakan sebelumnya, PSI telah resmi mendeklarasikan diri mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024 mendatang. 

Dengan bergabungnya PSI, maka partai pimpinan Kaesang tersebut turut mengusung Gibran sebagai Cawapresnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Anwar Usman Diperiksa Lagi, Kaesang Bicara Jika Gibran Gagal Cawapres”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya