SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon membentangkan kain khas Batak kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai bentuk penghormatan saat acara Rapat Kerja Nasional PSBI 2023 di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (7/7/2023). (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto secara berkelakar mengaku stres jika melihat anggota Komisi I DPR dari PDIP Effendi Simbolon di Senayan.

Kendati memuji Effendi Simbolon sebagai wakil rakyat yang kritis, Prabowo mengatakan politikus senior PDIP itu terlalu galak.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Namun, kata Prabowo, seorang wakil rakyat memang harus kritis karena mengemban amanah dari konstituennya untuk mengawasi kinerja pemerintah.

“Effendi Simbolon ini dibilang kawan, ya, kawan, tetapi di Komisi I ini termasuk paling galak. Saya juga kalau masuk ruangan Komisi I yang saya stres kalau lihat Effendi. Tetapi saya kira itulah seorang wakil rakyat yang benar. Wakil rakyat ya harus kritis. Wakil rakyat harus tajam. Wakil rakyat harus berani,” kata Menhan Prabowo saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) 2023 di Jakarta, Jumat.

Prabowo lanjut berkelakar kepada Effendi Simbolon agar Ketua PSBI itu tidak terlalu galak saat rapat.

Menurut dia, sanggahan selalu dibutuhkan, terutama dari DPR yang mewakili rakyat mengawasi kerja pemerintah.

“Kita butuh suatu sanggahan selalu. Itu namanya check and balance. Itu namanya mengingatkan kita. Dan kadang-kadang kalau diingatkan enggak enak rasanya, dikritik enggak enak rasanya. Akan tetapi, itu sebetulnya menyelamatkan kita, itu mengamankan kita. Itu sangat baik untuk kita,” kata Prabowo Subianto seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dalam pidatonya itu, Prabowo juga menyinggung keberhasilan kerja-kerja pemerintah yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Prabowo juga menekankan pentingnya menjaga kerukunan bangsa mengingat Indonesia merupakan negara yang majemuk, yang terdiri atas ragam suku, bahasa, dan agama.

Dalam acara itu, Prabowo hadir dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan. Di akhir pidatonya, dia membuka secara resmi Rapat Kerja Nasional PSBI 2023.

Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) merupakan perkumpulan orang-orang suku Batak bermarga Simbolon yang terbentuk sejak 2007.

Perkumpulan yang basisnya kekerabatan itu sejak kongres pertamanya pada tahun 2007 dipimpin oleh Effendi Simbolon.

PSBI saat ini memiliki 300.000 anggota yang tersebar di 154 wilayah di dalam negeri dan sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia, juga beberapa negara di Eropa dan Afrika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya