SOLOPOS.COM - Panitia mengumpulkan sampah plastik untuk Pelaksanaan Rekor Muri bertajuk #UNSLESSPLASTIC yang masuk dalam serangkaian acara PKKMB Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Panitia Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo unsur mahasiswa mengundurkan diri. 

Kepanitiaan yang bernama Generasi UNS 2023 itu mengundurkan diri buntut dibatalkannya kegiatan pemecahan Rekor Muri dan Student Vaganza dalam rangka apresiasi mahasiswa baru UNS 2023 pada tanggal 14 Agustus 2023 lalu.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Hal itu dikonfirmasi oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang juga sebagai steering committee (SC) Generasi UNS Solo, Hilmi Ash Shidiqi. Dia mengatakan pengunduran diri itu merupakan bentuk kekecewaan karena kegiatan pemecahan Rekor Muri dan Student Vaganza (Stuva) dibatalkan sepihak oleh pihak rektorat.

“Kita merasa kecewa karena kita sudah persiapan matang, kita sudah undang bintang tamu, akan tetapi dibatalkan secara sepihak, maka dari itu ada satu sikap kekecewaan dengan menarik diri dari PKKMB UNS 2023,” kata dia kepada Solopos.com, Sabtu (19/8/2023).

Dia mengatakan pihaknya sudah berusaha bernegosiasi kepada pihak rektorat agar kegiatan Rekor Muri dan Stuva bisa berjalan. Meski sudah menawarkan konsep lain, Hilmi mengatakan rektorat tetap berkukuh agar dua acara tersebut ditiadakan.

“Kita bahkan sempat mengganti konsep supaya Rekor Muri dan Stuva disetujui sama pihak rektorat. Akan tetapi di keputusan akhir tetap rektorat tidak mengizinkan,” kata dia.

Helmi mengatakan lantaraan Panitia Generasi UNS 2023 resmi mengundurkan diri, maka keberlangsungan PKKMB UNS 2023 akan diurus sepenuhnya oleh pihak rektorat. Pengunduran diri itu juga tertuang pada Surat Pernyataan Sikap No. 081/UN27/RM.SV/2023 yang dikeluarkan oleh Panitia Generasi UNS 2023.

“Kami Panitia Generasi UNS 2023 menyatakan kekecewaan kepada pihak rektorat dan akan menarik diri dalam keikutsertaan kegiatan PKKMB UNS 2023 pada tanggal 21-23 Agustus 2023 dengan alasan di atas,” tulis dalam pernyataan sikap, dikutip Solopos.com, Sabtu.

Sedianya kegiatan Rekor Muri dan Stuva bakal dilaksanakan pada 27 Agustus 2023. Perlu diketahui, Stuva merupakan kegiatan seperti panggung hiburan yang mengundang artis untuk memeriahkan PKKMB.

Sementara Rekor Muri yang dimaksud yakni pengumpulan limbah sampah plastik di sekitar kampus untuk membuat ecobrick dengan logo UNS. Pada dasarnya ecobrick merupakan daur ulang sampah plastik menjadi suatu yang lebih berguna.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Koordinator Rekor Muri PKKMB UNS Solo, Rizki Handoko, mengaku sudah mempersiapkan acara tersebut sejak tiga bulan lalu. Bahkan dia mengatakan persiapan sudah mencapai 90% dan tinggal menunggu realisasi.

“Kita dari Rekor Muri telah mempersiapkan kegiatan ini selama tiga bulan terakhir, yang tadinya kita akan memecahkan tiga Rekor Muri dan satu kerja sama Unesco dengan berat hati dibatalkan,” kata dia kepada Solopos.com, Jumat (18/8/2023).

Dia mengatakan rekor muri kali ini berkonsep ramah lingkungan. Sebenarnya  konsep tersebut sejalan dengan salah satu jargon UNS yakni Green Campus 

“Namun secara sepihak project kami dilarang padahal tujuan kami semata mata hanya untuk membanggakan almamater kami UNS yang mana malah menjadi bumerang bagi kami,” lanjut dia.

Berdasarkan keterangan dalam akun Instagram resmi PKKMB UNS 2023 yakni @generasiuns, sampah yang sudah terkumpul kurang lebih 1.000 kg limbah plastik itu bakal diserahkan kepada Rumah Daur Ulang.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam Campaign #UNSLESSPLASTIC kami, Divisi Rekor Muri mohon pamit undur diri. Semoga ide dan gagasan kami dapat terealisasi di lain kesempatan,” tulis akun Instagram @generasiuns, dikutip Jumat (18/8/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya