SOLOPOS.COM - Pasangan bakal calon presiden Anies Baswedan (kanan) dan bakal calon wakil presiden yang juga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan seusai menggelar pertemuan di Kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (11/9/2023). Pertemuan tersebut membahas pemenangan bersama dengan pengurus DPP PKB. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Spt)

Solopos.com, JAKARTA — Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar bakal melakukan safari politik di dua daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Palopo dan Kota Makassar, Sabtu-Minggu (23-24/9/2023).

Di dua kota tersebut, pasangan bakal capres-cawapres yang diusung Koalisi Perubahan itu disambut jadwal padat bertemu relawan.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Rencana beliau (Anies) ke Palopo dan pertama kali datang ke Tana Luwu untuk mengikuti ritual adat Mappesabbi Ale,” kata Koordinator Anies Baswedan (ABW) Jelajah Sulsel, Asri Tadda melalui keterangannya, Jumat (22/9/2023).

Ia menjelaskan, Mappesabbi Ale adalah upacara adat di Kedatuan Luwu, di mana seseorang yang datang memberikan penghormatan kepada tuan rumah, dalam hal ini Kedatuan Luwu guna meminta restu untuk melangsungkan hajatan tertentu.

Kedatangan Anies menjadi kebanggaan bagi warga setempat.

“Ini tentu sebuah kebanggaan tersendiri, karena Pak Anies bisa datang langsung ke Luwu Raya dan ikut melangsungkan proses adat yang sakral di Kedatuan,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dari jadwal yang diterima, Anies yang menggunakan jet pribadi tiba di Bandara Bua Palopo pada Sabtu pagi, dilanjutkan berziarah di Makam Raja-raja Luwu, LokkoE.

Selanjutnya, mengikuti upacara Mappesabbi Ale di Istana Kedatuan Luwu.

Sebelum meninggalkan tanah Luwu, Anies akan melaksanakan Salat Zuhur di Masjid Tua Jami, Palopo sekaligus memberikan Kultum kepada jamaah, selanjutnya menuju Bandara Bua Palopo lalu terbang ke Kota Makassar.

Di hari yang sama, tiba di Makassar mantan Gubernur DKI Jakarta ini dijadwalkan menghadiri pembekalan BCAD PKS Sulsel di Hotel Dalton, kemudian bergeser menghadiri acara PKB Sulsel.

Agenda lanjutan menghadiri Apel Siaga dan Pelantikan DPRa se-Sulsel di Lapangan Emmy Saelan Makassar.

Selanjutnya, peresmian posko relawan wilayah Sulsel (Forkom). Anies dijadwalkan akan berbincang bersama jurnalis serta perwakilan milenial di lokasi kuliner minuman khas Sarabba di Sungai Cerekang Makassar.

Agenda puncak pada Minggu (24/9/2023), Anies dan Muhaimin akan mengikuti jalan sehat gembira bersama para relawan serta masyarakat saat hari bebas kendaraan di sepanjang Jl. Jenderal Sudirman.

“Untuk jumlah kupon peserta, panitia telah mencetak dan menyebar kupon sebanyak 800.000 lembar. Kami pastikan bahwa kupon jalan sehat gembira betul-betul disebar dan dipergunakan masyarakat untuk mendaftar,” kata Juru Bicara Panitia Jalan Gembira, Asrullah Syaharuddin, Jumat.

Seusai mengikuti jalan gembira, pasangan Amin dijadwalkan meresmikan posko induk pemenangan Anies-Muhaimin (Amin).

Dilanjutkan rapat internal bersama partai pengusung dan pendukung yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya