SOLOPOS.COM - Ilustrasi mayat. (Antara)

Solopos.com, MEDAN — Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Utara Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi menyebutkan bahwa lima mayat yang dilaporkan berada di Universitas Prima Indonesia (Unpri) Kota Medan merupakan cadaver.

“Saya ingin memastikan lima mayat itu adalah cadaver,” ujar Agung di Mapolda Sumut, Medan, Kamis (14/12/2023). Cadaver merupakan istilah untuk menyebut mayat manusia yang digunakan sebagai bahan praktikum kedokteran.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Ia mengatakan cadaver di universitas swasta Medan tersebut untuk keperluan praktikum mahasiswa fakultas kedokteran.

“Jadi, mohon masyarakat agar paham cadaver ini sudah ada sejak 2008 di kampus. Kita tahu itu bagian dari pembelajaran mahasiswa kedokteran,” ucap Agung.

Kapolda meyakinkan setiap universitas kedokteran pasti memiliki cadaver sehingga masyarakat tidak salah paham terhadap kondisi itu.

“Tentunya kami terus bekerja sama agar bisa terselenggara pendidikan kedokteran yang memang diperlukan,” kata Agung.

Kapolda menambahkan cadaver yang dimiliki kampus tersebut diperoleh secara legal dan memang digunakan untuk kepentingan pembelajaran atau praktikum mahasiswa fakultas kedokteran.

“Kami sudah datang ke kampus, telah ditunjukkan dokumennya dan hal lain yang diperlukan. Perlu digarisbawahi untuk sarana pembelajaran di kampus tersebut,” ujarnya .

Sebelumnya, personel Kepolisian Resor Kota Besar Medan mendalami dugaan adanya jenazah di kawasan parkir salah satu universitas swasta di ibu kota Provinsi Sumut yang sempat viral di media sosial.

“Kami hadir di sini (kampus) untuk mencari jawaban kaitannya dengan video yang beredar selama dua hari ini,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya