SOLOPOS.COM - Muhaimin Iskandar (Antara)

Solopos.com, JAKARTA–Penunjukan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinilai akan mengubah konstelasi politik nasional. Hal itu diungkapkan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Saya mengucapkan selamat kepada putra Pak Presiden, Kaesang. Ini akan mengubah konstelasi dan langkah PSI menjadikan Kaesang Ketum adalah pilihan yang berani,” kata Muhaimin di Jakarta, Senin (25/9/2023) malam, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Cak Imin mengaku bahagia karena politik nasional Indonesia semakin dinamis. Dia pun berharap kehadiran Kaesang dalam perpolitikan nasional bisa memberikan warna dan suasana politik yang semakin segar.

Lebih lanjut, Cak Imin mengaku mengenal Kaesang sebagai orang yang humoris serta komunikatif. “Saya agak dekat, terakhir sering ngobrol,” ujarnya. Menurutnya, kehadiran Kaesang dalam politik nasional patut dipertimbangkan bagi semua parpol untuk menyambut dengan serius.

Diberitakan, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum PSI menggantikan Giring Ganesha. Putusan tersebut dibacakan langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas): Deklarasi Politik PSI di Djakarta Theater, Jakarta, Senin.

Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni mengungkapkan alasan partainya menunjuk Kaesang sebagai Ketua Umum PSI karena Kaesang merupakan sosok anak muda yang berhasil.

Selain itu, Kaesang memiliki gaya komunikasi yang baik serta rendah hati. Dia berharap Kaesang mampu membawa partai berlambang mawar itu masuk ke Senayan. “Kami berharap Mas Kaesang dapat bersama-sama berjuang dengan kami untuk tadi ada fraksi DPR RI untuk 2024 mendatang,” ujar Raja.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie menjelaskan partainya memiliki kebiasaan menjadikan seorang yang masih baru di dunia politik menjadi ketua umum. Dia mencontohkan dirinya ketika menjadi ketua umum pertama PSI dan kemudian digantikan oleh mantan vokalis Nidji, Giring Ganesha.

“Kami di PSI sama-sama isinya kebanyakan newbie (anak baru), tidak punya pengalaman tapi kerja kolektif kolegial, itu yang menjadi kekuatan. Jadi kami optimistis banget Mas Bro Kaesang enggak berdiri sendiri, kita semua siap full support [mendukung penuh] untuk bisa langsung lari menuju Pemilu 2024,” pungkas Grace.

Sementara itu, Kaesang Pangarep mengakui adanya privilese sebagai anak orang nomor satu di Indonesia untuk menduduki kursi Ketua Umum PSI.

“Oh privilese, privilese selalu ada. Sudah begitu saja,” kata Kaesang di acara Kopdarnas: Deklarasi Politik PSI, Senin. “Ya, privilese, lah, saya mengiyakan. Kok masih diulang lagi?” tegasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya