SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (kiri) meninjau bantuan untuk Palestina didampingi Menlu Retno Marsudi (kanan) di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023). Presiden melepas bantuan tahap pertama yang akan diterbangkan dengan tiga pesawat berisi 51,5 ton bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bantuan tahap pertama sebesar 51,5 ton untuk Palestina ke Jalur Gaza dari Indonesia akan dikirimkan pada hari ini, Sabtu (4/11/2023). 

Hal ini disampaikannya saat melakukan pelepasan bantuan terhadap Palestina di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Dia memerinci bahwa bantuan sebesar 51,5 ton tahap pertama ini akan dibawa menggunakan tiga pesawat yang memuat bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan di Gaza. 

Orang nomor satu di Indonesia itu melanjutkan bahwa bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandar Udara Internasional El Arish di Mesir yang nantinya bantuan akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza. 

“Untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” ujarnya. Kepala Negara mengatakan bahwa bantuan ini bukan hanya dari pemerintah, tetapi tergabung dengan bantuan dari masyarakat, dunia usaha yang disalurkan melalui berbagai lembaga kemanusiaan. 

Lembaga kemanusiaan yang dimaksud mulai dari Baznas, Indonesian Humanitarian Alliance (IHA), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Yayasan Kitabisa, TNI, dan Polri. 

“Ini merupakan wujud solidaritas Indoensia, wujud kepedulian bangsa indoensia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan. Saya ingin menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama perjuangan saudara kita bangsa Palestina,” pungkas Jokowi.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Lepas Bantuan Sebesar 51,5 Ton Untuk Palestina, Lewat Mesir menuju Gaza”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya