SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di sela-sela Rakernas III PDIP di Jakarta, Selasa (6/6/2023). (Youtube)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) absen pada acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rabu (10/1/2024). Hal ini lantaran Jokowi melakukan kunjungan ke tiga negara di ASEAN sejak Selasa (9/1/2024)

Acara yang digelar di Lenteng Agung, Jakarta Selatan itu turut dihadiri oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, calon presiden nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, Ketua DPP Puan Maharani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Berdasarkan pantauan di lokasi, para ketua umum partai politik pengusung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024 juga hadir. Di antaranya Plt Ketua Umum PPP M. Mardiono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Sekjen DPP Partai Hanura Benny Rhamdani, dan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid.

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Puan Maharani, mengatakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP dapat membawa kedamaian, berkah, dan kesejahteraan bagi rakyat. Dia meminta agar seluruh kader PDIP giat untuk memenangkan hati rakyat.

“PDI Perjuangan akan selalu bersama rakyat. Menangkan rakyat untuk 2024,” kata Puan sebagaimana dilansir Antara.

Sebagai informasi, dalam peringatan HUT ke-51 Partai, PDIP mengusung tema Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, menjelaskan soal rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-51 PDIP digelar pada 10 Januari 2024.

Hasto mengatakan peringatan HUT ke-51 PDIP merupakan momentum untuk melakukan kritik-otokritik atas perjalanan PDIP dan rekam jejak sejarah yang begitu panjang.

Menurut dia, peringatan HUT ke-51 PDIP dilaksanakan secara sederhana dan khidmat karena bersamaan dengan pemilu legislatif dan Pemilu presiden.

Ia juga menerangkan acara diikuti secara daring oleh seluruh kader PDI Perjuangan dan simpatisan partai dan Satgas Partai, Anak Ranting, Ranting, PAC, DPC dan DPD seluruh Indonesia, seluruh calon anggota legislatif, seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Selain menggelar kegiatan di Sekolah Partai, Hasto mengatakan rangkaian dari penyelenggaraan HUT partai juga diisi dengan penampilan kebudayaan dari Badan Kebudayaan Nasional (BKN) dengan melibatkan anak-anak muda.

Selain itu, rangkaian HUT PDIP juga diisi dengan kegiatan kemanusiaan lewat Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) serta keterlibatan Kapal Rumah Sakit Terapung Laksamana Malahayati yang terus membantu pengobatan rakyat di penjuru Tanah Air.

Sementara itu, saat ini Presiden Jokowi berada di Filipina. Dia mengunjungi Istana Malacañang, Manila, Filipina, untuk bertemu Presiden Ferdinand Marcos Jr, dalam rangka memperkuat sejumlah kerja sama kedua negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya