SOLOPOS.COM - Suasana audiensi Kemenko Polhukam dengan honorer K2 di Gedung Sunan Pandanaran, Klaten, Rabu (5/7/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, JAKARTA — Kabar buruk untuk tenaga honorer di Indonesia sebab DPR telah mengatakan kecil kemungkinan mereka bisa diangkat menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Isu tentang masa depan tenaga honorer di pemerintahan dan beberapa lembaga lain di Indonesia memang tak habis untuk dibahas. 

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Akan tetapi, ditegaskan bahwa akan sangat sulit bagi honorer untuk diangkat sebagai PNS. 

Hal tersebut disampaikan oleh Rifqi Nizami Karsayuda, anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDIP Kalsel I, dalam bincang-bincang Kabar Nusantara yang diunggah di YouTube. 

Dalam video tersebut, Rifqi mendapatkan aduan dari honorer yang meminta kejelasan nasibnya di masa depan. 

Akan tetapi dengan jelas, anggota Komisi II DPR RI itu mengatakan bahwa honorer akan sulit bisa langsung diangkat jadi PNS. 

Ada dua alasan mengapa demikian, pertama pemerintah akan melihat lagi keuangan negara dan kedua nasib para fresh graduate.

Jika honorer dengan serta merta diangkat sebagai ASN PNS, maka Indonesia kemungkinan tidak akan membuka lagi lowongan PNS hingga 15 tahun ke depan. 

Sebab menurut data Rifqi, saat ini ada 2,6 juta tenaga honorer yang ada di Indonesia. 

“Negara akan mengecek database dan kebutuhannya. Dan yang tidak kalah penting (yang akan dicek) adalah satu keuangan negara dan yang kedua adalah masa depan mereka yang fresh graduate,” katanya. 

“Kalau hari ini kita setujui 2,6 juta honorer yang otomatis kita angkat sebagai ASN PNS, bisa jadi kita tidak akan membuka lowongan PNS lebih kurang 15 tahun ke depan,” ia menambahkan. 

Meski kejelasan masa depan honorer belum ditentukan, akan tetapi Rifqi Nizami mengatakan bahwa pemerintah tidak akan memberhentikan mereka November 2023 mendatang. 

Sebaliknya, pemerintah akan mencari cara agar para honorer ini setidaknya bisa diangkat sebagai PPPK. 

“Demi kemanusiaan, kami tidak akan memberhentikan mereka. Kedua, kami akan mencarikan skema setidak-tidaknya bisa PPPK,” tuturnya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jika Semua Honorer Diangkat ASN, Tak Akan Ada Seleksi PNS hingga 15 Tahun ke Depan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya