SOLOPOS.COM - Proses rukyatul hilal yang dilakukan tim UIN Walisongo Semarang, Jumat (1/4/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kementerian Agama (Kemenag) merilis jadwal sidang isbat penentuan awal puasa Ramadan 1445 H yang akan digelar pada Maret 2024.

Menurut Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, sidang isbat ini akan diadakan secara hybrid, yakni daring dan luring. Sidang isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

“Sidang isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin yang dilansir Antara, Senin (19/2/2024).

Kamaruddin mengatakan jadwal kapan sidang isbat Kemenag penentuan awal puasa Ramadan 1445 H akan digelar pada Minggu, 10 Maret 2024. Sidang isbat diadakan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama Jakarta. Dalam sidang isbat ini, Kemenag juga akan melibatkan BRIN, BMKG, pimpinan MUI, hingga Komisi VIII DPR RI.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag Adib menjelaskan sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1445 Hijriah berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi). Pemaparan dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB.

“Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara langsung di Channel Youtube Bimas Islam,” ujar Adib.

Berdasarkan jadwal yang dirilis Kemenag untuk penetapan awal puasa Ramadan 2024, sesi kedua adalah sidang isbat yang digelar secara tertutup setelah salat magrib. Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

“Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya