SOLOPOS.COM - Dua gempa bumi berkekuatan di atas magnitudo 4 mengguncang pantai selatan Jawa, Senin (10/7/2023). (Istimewa/BMKG)

Solopos.com, SOLO — Dua gempa bumi berkekuatan di atas magnitudo 4 mengguncang pantai selatan Jawa hingga siang ini.

Gempa bumi dengan kekuatan M 4,1 terjadi di Pacitan, Jawa Timur. Gempa ada pada kedalaman 10 kilometer.

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Gempa tersebut terjadi pada pukul 06.08 WIB. Gempa ada pada titik koordinat 9,25 lintang selatan dan 110,64 bujur timur.

“Gempa 129 km barat daya Pacitan-Jatim,” tulis BMKG melalui akun Twitter-nya @infoBMKG, Senin (10/7/23).

BMKG melaporkan belum ada kepastian mengenai dampak dan korban dari gempa ini.

“Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data,” tulis @infoBMKG.

Selain di Pacitan, gempa bumi tektonik berkekuatan M 4,0 mengguncang Kabupaten Bandung, Senin (10/7/23) pukul 09.00 WIB. 

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi itu terletak pada koordinat 7,77 LS dan 107,26 BT, atau berlokasi di laut pada jarak 88 km Barat Daya Kabupaten Bandung pada kedalaman 26 km.

Akun Twitter BMKG menyebut skala MMI III, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Rancabuaya, III Pameungpeuk, III Cisompet.

Kmudian skala MMI II, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, terasa di Cikajang dan Singajaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya