SOLOPOS.COM - Kiri ke kanan: Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (kolase foto Antara)

Solopos.com, MALANG — Elektabilitas calon presiden (capres) Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo hampir sama, namun Anies Baswedan terpaut jauh menurut hasil Survei Opini Publik Jawa Timur oleh Laboratorium Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang atau UMM. 

Dosen Ilmu Pemerintahan UMM Salahudin mengatakan tingkat elektabilitas beberapa tokoh nasional di benak publik (top of mind) Pilpres 2024 secara dominan ditempati oleh 2 nama dengan selisih sekitar 3,1 persen yaitu Prabowo (37,3 persen) dan Ganjar Pranowo (34,2 persen). 

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Pada posisi ketiga ada Anies Baswedan (7,1) dengan pautan perolehan sekitar 27,1 persen,” katanya, Kamis (10/8/2023), dilansir Bisnis.com.

Jika dikerucutkan menjadi 3 nama, posisi Prabowo dan Ganjar hampir sama, dengan selisih suara yang juga cukup tipis, yakni 42,13 persen dan 42,75 persen. 

Posisi Anies Baswedan terpaut cukup jauh dengan jumlah 10,38 persen Jika dikerucutkan menjadi 4 nama, kata dia, posisi Prabowo dan Ganjar tetap tidak terpaut jauh dengan selisih suara yang juga cukup tipis yakni 42 persen dan 41,75 persen. 

Terpaut jauh dengan posisi Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto yang masing-masing 11 persen dan 0,88 persen.

Simulasi head to head, Prabowo jauh lebih unggul dari pada Anies Baswedan 66,63 persen dan 21,13 persen. 

Prabowo sedikit lebih unggul jika head to head dengan Ganjar, yakni 49 persen dan 44 persen. Untuk sementara, pemilih Anies lebih banyak lari kepada Prabowo. 

“Simulasi head to head, Ganjar jauh lebih unggul daripada Anies Baswedan, yakni 61,13 persen dan 24 persen,” katanya.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Head to Head di Jatim, Prabowo Unggul Tipis Atas Ganjar”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya