SOLOPOS.COM - Momen Anies Baswedan meminta doa kepada Ibunda Aliyah Rasyid di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (28/11/2023). (JIBI/Bisnis.com/Lukman Nur Hakim)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden (capres) Anies Baswedan memulai kampanye Pilpres 2024 pada hari ini, Selasa (28/11/2023), dengan sungkem dan meminta doa kepada orangtuanya. 

Ibu dari Anies Baswedan, Aliyah Rasyid terlihat membacakan doa untuk kelancaran agenda kampanye yang akan dilakukan pada hari ini. 

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Seusai berdoa, Anies mencium tangan ibunya dan dilanjutkan meminta doa kepada orangtua dari istrinya. 

“Jadi kita siap akan berangkat. Tadi kita sarapan sama-sama, kebetulan selain ibu saya sedang di sini, orangtuanya Fery, istri, sedang berada di sini, tidak di Kuningan. Jadi kita sama-sama sarapan, terus ibu doa sudah siap akan berangkat,” kata Anies di kediamannya, Selasa (28/11/2023), dilansir Bisnis.com.

Melansir dari Antara, Anies memulai kampanye perdana untuk Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

Berdasarkan agenda dikeluarkan sekretariat Tim Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Anies dijadwalkan mengunjungi sejumlah lokasi di Jakarta.

Anies berangkat dari kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pukul 08.00 WIB. Selanjutnya dia menuju Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara untuk memulai kick-fff kampanye pemilu sampai pukul 10.30 WIB.

Kemudian, Anies menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Cirasas, Jakarta Timur hingga pukul 12.30 WIB. Lalu melanjutkan kampanye di GOR Laga Tangkas, Cibinong, Jawa Barat hingga pukul 15.30 WIB. Selanjutnya, Anies akan menyapa warga di Jembatan Merah, Bogor Tengah, Jabar hingga 16.30 WIB.

Anies dijadwalkan kembali ke Jakarta menggunakan kereta rel listik (KRL) untuk menghadiri diskusi dengan agenda transisi energi, yang dilaksanakan Indonesia Clean Energy Forum (ICEF) di Jalan Dharmawangsa Raya No.23, Jakarta Selatan pada pukul 19.00 WIB.

Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Marsdya TNI Purn. Muhammad Syaugi mengatakan bahwa basis massa menjadi alasan pisahnya tempat kampanye antara Capres Anies Baswedan dan Cawapres Muhaimin Iskandar pada hari pertama pelaksanaan kampanye.

“Kalau Pak Capres itu massanya relatif banyak di sini (Jakarta), kalau Cak Imin ini kan kita tahu sebagai Ketua Umum PKB itu massanya banyak di Jawa Timur,” kata Muhammad Syaugi di Jakarta, Selasa.

Syaugi mengatakan pada hari pertama kampanye, Capres Anies mengunjungi Tanah Merah, Jakarta Timur, dan beberapa titik lainnya di Jakarta, serta di Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, dipilihnya Tanah Merah sebagai lokasi pertama kampanye sudah dipikirkan oleh tim, apalagi di tempat itu menjadi sejarah bagi Anies Baswedan, ketika maju pada Pilkada Jakarta tahun 2017.

Selain itu lanjut Syaugi, Jakarta juga menjadi basis Anies Baswedan sehingga menjadi pilihan utama pada hari pertama kampanye.

Ia juga tidak menampik bahwa tujuan kampanye di Tanah Merah merupakan usulan dari capres nomor urut 1 Anies Baswedan, karena diharapkan menjadi pertanda kemenangan bagi pasangan AMIN pada Pilpres 2024.

“Iya betul (permintaan Anies), jadi ini merupakan sejarah dari beliau. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda baik seperti pada waktu zaman gubernur dahulu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya