SOLOPOS.COM - Bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo membacakan naskah Dedication of Life oleh Bung Karno di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama GBK pada Sabtu (24/6/2023). (Istimewa/Dok. PDIP)

Solopos.com, JAKARTA — Bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo membacakan naskah “Dedication of Life” oleh Bung Karno di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama GBK pada Sabtu (24/6/2023). 

Menarik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga pernah membacakan Dedication of Life Bung Karno pada rapat kerja nasional (rakernas) PDIP pada 2013. 

Promosi Video Uang Hilang Rp400 Juta, BRI: Uang Diambil Sendiri oleh Nasabah pada 2018

Saat itu, Jokowi masih menjabat Gubernur DKI Jakarta. Dedication of Life merupakan surat atau wasiat Bung Karno dengan maksud mengajak rakyat melakukan pengadian kepada Tuhan, Tanah Air, dan kepada bangsa. 

Di lingkup PDIP, pembacaan pidato Dedication of Life Bung Karno merupakan hal yang sakral dalam prosesi kepartaian bersamaan dengan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian Mengheningkan Cipta, dan pembacaan teks Pancasila. 

Ganjar dari mimbar utama yang didirikan di dalam Stadion Utama GBK, membacakan Dedication of Life dengan penuh khidmat Saat pembacaan Dedication of Life, suasana Gelora Bung Karno yang sebelumnya terdengar suara gemuruh oleh ratusan ribu kader PDIP, seketika hening. 

Saat membacakan Dedication of Life, terlihat Ketua DPP PDIP M. Prananda Prabowo berdiri di belakang Ganjar.

Sementara itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden KH Maruf Amin, serta para elite partai politik dan menteri yang hadir tampak hikmat di ruangan VIP. 

Dalam puncak BBK ini, akan ada pidato dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Selain itu, ada pertunjukan tari kecak yang akan dibawakan oleh 3 ribu penari perempuan. Selain itu, akan ada penayangan video dari perjalanan hidup Bung Karno dan salah satu istrinya, Fatmawati. 

Puncak perayaan BBK ini akan jadi ajang konsolidasi kader dan simpatisan PDIP jelang Pilpres 2024.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ganjar Pranowo Bacakan Dedication of Life Bung Karno, Seperti Jokowi pada 2013”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya