SOLOPOS.COM - Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, mendorong agar pembangunan tambang batu andesit di Wadas, Kebumen, dan pabrik semen Rembang di Jawa Tengah dibahas dalam debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1/2024). Debat putaran keempat itu akan mempertemukan tiga kandidat calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

“Sebaiknya dibahas (persoalan semen Rembang dan bendungan Wadas dalam debat keempat),” ujar Ganjar di Pos Bloc, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Menurutnya, dua proyek pembangunan itu kerap menjadi permasalahan yang digunakan untuk mengkritisi kinerjanya selama menjadi Gubernur Jawa Tengah dua periode, 2013-2023. Oleh sebab itu, debat keempat nanti bisa dijadikan ajang klarifikasi.

Dia menjelaskan dua pembangunan yang kerap dikritisi itu merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebagai gubernur yang merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Ganjar mengakui harus menyelesaikannya sebagai tanggung jawab.

Meski demikian, dia juga mengaku bersyukur karena dua proyek pembangunan itu tetap selesai meski kerap mendapat penolakan hingga kritikan dari berbagai kalangan. Selain itu, Ganjar merasa ada keputusannya yang pro-lingkungan, namun kerap tidak terekspos.

Dia mengaku sempat menolak izin pembangunan pabrik semen di Kebumen dan tambang emas di Wonogiri yang bukan merupakan PSN.

“(Ditolak) karena tidak memenuhi syarat lingkungan,” katanya sebagaimana dilansir Antara.

Sebagai informasi, ada sejumlah tema besar yang diangkat pada Debat Cawapres 2024 akhir pekan mendatang, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Sejauh ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI belum mengumumkan lokasi penyelenggaraan debat keempat. Nama moderator dan panelis juga belum disampaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya