SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memukul gong sebanyak delapan kali saat membuka Rakernas Ke-6 Projo di Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (Youtube KompasTV)

Solopos.com, JAKARTA — Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI Relawan Projo di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/10/2023) siang, menghadirkan sejumlah fakta menarik.

Dua fakta menarik adalah ketidakhadiran bakal capres Prabowo Subianto serta Presiden Jokowi yang menabuh gong sebanyak delapan kali.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Padahal relawan Projo menggelar rakernas keenam dan bukan kedelapan.

Berikut rangkuman fakta menarik Rakernas Projo, seperti dikutip Solopos.com dari tayangan KompasTV.

1. Prabowo Subianto tak hadir

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang sebelumnya memastikan hadir ke Rakernas Projo ternyata tak datang hingga acara pembukaan usai digelar.

Rakernas Projo diagendakan berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (14-15/10/2023).

Jajaran pengurus DPP Partai Gerindra diwakili Hashim Djojohadikusumo yang juga adik kandung Prabowo, Sufmi Dasco dan lain-lain.

2. Jokowi tanyakan ketidakhadiran Prabowo

Ketika memberikan sambutan di podium, Presiden Jokowi sempat menanyakan di mana sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto karena tak terlihat hadir.

“Pak ketumnya enggak hadir?” tanya Jokowi kepada jajaran pengurus Partai Gerindra yang duduk di kursi barisan depan.

Jajaran pengurus Gerindra di antaranya Hashim Djojohadikusumo dan Sufmi Dasco tersenyum.

3. Jokowi awalnya tak bisa hadir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) awalnya tak bisa hadir dalam Rakernas Projo.

Namun ia akhirnya datang setelah mendapatkan informasi para ketua partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) datang ke acara Rakernas Projo.

“Hari ini sebetulnya saya ada acara dan sudah saya sampaikan ke Pak Budi Arie Setiadi bahwa saya mungkin tidak bisa hadir. Tapi disampaikan ‘Pak, nanti semua ketua partai hadir semuanya’. Ya saya carikan waktunya dan alhamdulilah bisa hadir di depan bapak ibu sekalian,” ujar Jokowi.

Jokowi mengaku repot karena banyak relawan pendukung dirinya. Ia mengaku punya 2.300 organ relawan sehingga tidak bisa hadir satu per satu.

Namun khusus untuk Projo, Jokowi menyatakan hampir selalu hadir jika organisasi relawan yang dipimpin Budi Arie Setiadi itu punya acara.

“Mungkin sudah lebih dari 10 kali saya hadir di Projo,” ujar Jokowi.

4. Gibran hadir 15 menit

Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka sempat datang ke lokasi acara sekitar pukul 14.00 WIB.

Setelah menyalami sejumlah tokoh relawan dan berbincang-bincang selama 15 menit, Gibran yang merupakan kader PDIP itu lalu meninggalkan lokasi rakernas.

5. Sosok capres pilihan Jokowi

Presiden Joko Widodo memberi teka teki di hadapan puluhan ribu anggota relawan Pro Jokowi (Projo) yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) VI Projo di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Ditanya tentang capres yang didukungnya, Jokowi meminta relawan Projo bersabar karena sosoknya tidak hadir dalam acara Rakernas Projo tersebut.

Pernyataan Jokowi bahwa bakal calon presiden yang didukungnya tidak ada di lokasi Rakernas Projo tentu saja menimbulkan pertanyaan.

Sebab tiga nama tokoh yang selama ini disebut sebagai bakal calon presiden yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto memang tidak hadir.

Bedanya, Prabowo Subianto yang merupakan bakal capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) diundang Projo ke acara yang diisi dengan deklarasi dukungan Pilpres 2024 tersebut.

Namun di awal sambutannya Jokowi sempat menanyakan di mana sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.



“Pak ketumnya enggak hadir?” tanya Jokowi kepada jajaran pengurus Partai Gerindra yang ada di lokasi.

Padahal sebelumnya Prabowo memastikan dirinya bakal hadir dalam acara Rakernas Projo di Jakarta.

Jokowi menanyakan Prabowo sebab dalam rakernas itu para ketua umum partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju tampak hadir.

Di hadapan relawan Projo, Jokowi meminta tidak didesak menyebutkan nama bakal calon presiden yang didukungnya pada Pilpres 2024.

Ia menyebut sosok capres pilihannya tidak hadir di acara Rakernas Projo.

“Ya, sabar, sabar, sabar. Jadi, jangan mendesak-desak pada hari ini saya ngomong siapa capres yang didukung karena juga orangnya enggak ada di sini,” kata Presiden Jokowi seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

6. Tabuh gong delapan kali

Jokowi membuka acara Rakernas Ke-6 Projo dengan menabung gong.

Uniknya, Jokowi tidak menabuh sebanyak enam kali layaknya rakernas yang digelar kali keenam melainkan sebanyak delapan kali.

Pukulan gong Jokowi itu diiringi hitungan oleh relawan Projo yang hadir di tempat tersebut.

“Lima, enam, tujuh, delapaaan,” teriak massa saat Jokowi mengakhiri menabuh gong.

Pukulan gong sebanyak delapan kali ini memunculkan dugaan apakah ini kode dari Jokowi untuk Prabowo Subianto mengingat selama ini Ketum Gerindra itu identik dengan angka 08.

Angka 08 merupakan kode bagi Prabowo saat mantan menantu mendiang Presiden Suharto itu berpangkat kapten TNI.

Saat ini sejumlah relawan pendukung Prabowo memakai angka 08, antara lain Jaspro08, Laskar 08 dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya