SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo berpidato pada sesi debat umum ke-75 Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, Rabu (23/9/2020). (Antara-Kementerian Luar Negeri RI)

Solopos.com, JAKARTA — Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) tidak dapat mengadopsi resolusi yang diusulkan Rusia mengenai konflik Israel-Palestina.  

Adapun dari 15 anggota DK PBB, 4 di antaranya mendukung rancangan resolusi tersebut, sedangkan 2 negara yaitu Inggris dan AS menentangnya, dan 9 lainnya abstain.  

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Sebuah resolusi bisa diadopsi jika 9 anggota Dewan Keamanan PBB mendukungnya dan tidak ada negara anggota tetap yang memvetonya. 

Melansir TASS via Bisnis.com, ini adalah resolusi kedua yang dibuat oleh Rusia. Perjanjian ini memasukkan beberapa elemen dari rancangan undang-undang Brasil dan AS, termasuk amandemen Rusia terhadap versi Brasil.  

Secara khusus, resolusi itu mengutuk serangan gerakan radikal Palestina Hamas terhadap Israel, dan menyerukan gencatan senjata segera, pembentukan koridor kemanusiaan dan pembebasan semua sandera. 

Isi resolusi tersebut juga usulan untuk membatalkan perintah Israel mengenai evakuasi warga Jalur Gaza di selatan daerah tersebut. 

Sebelumnya, Wakil Tetap Rusia untuk PBB Vasily Nebenzya mengatakan Moskow tidak melihat alasan mengapa anggota DK PBB tidak bisa memberikan lampu hijau pada rancangan resolusi Rusia tersebut.  

Dia mengatakan bahwa delegasi AS di PBB mengabaikan hampir semua keberatan delegasi lain mengenai rancangan resolusi mengenai Timur Tengah.  

“AS berupaya untuk mempromosikan beberapa proyek baru, yang dipenuhi dengan pernyataan yang dipolitisasi dan sangat tidak pantas. Saya ingin menggarisbawahi secara khusus bahwa tidak ada proses yang tepat di Dewan Keamanan mengenai proyek ini,” ujarnya.  

Adapun Rusia menyesalkan kegagalan Dewan Keamanan PBB dalam memenuhi harapannya dalam resolusi untuk konflik Israel-Palestina tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “DK PBB Gagal Sepakati Resolusi Usulan Rusia untuk Konflik Israel-Palestina”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya