SOLOPOS.COM - Truk terlihat memadati jalur Pantura di wilayah Bulakamba, Cirebon, Jawa Barat (Jabar), Jumat (5/4/2024) sore. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, CIREBON — Lantaran terkena dampak penerapan one way pada Jumat (5/4/2023), Tim Ekspedisi Mudik 2024 terpaksa melewati Jalur Pantura untuk menuju ke Jakarta.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Jalan lingkar Brebes-Tegal yang menjadi jalur alternatif mudik Lebaran via Pantura terpantau ramai lancar. Meski padat kendaraan tidak sampai menyebabkan kemacetan.

Pantauan tim ketika melintasi jalur Pantura, kondisi lalu lintas relatif masih lengang. Hanya saja truk besar sering lalu-lalang di jalur Pantura.

Jalur Pantura menjadi alternatif bagi pengemudi truk. Sebab truk besar dilarang melintasi jalur tol. Selain truk, jalur Pantura juga didominasi bus dan angkutan umum.

Seperti dikutip dari Antara, aparat kepolisian memastikan Jalan Tol Trans Jawa ruas Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat mulai terbebas dari aktivitas truk besar bersumbu tiga atau kendaraan golongan III demi menunjang kelancaran arus mudik Lebaran 2024.

“Ya benar, untuk kendaraan sumbu tiga sudah mulai pelarangan melintasi jalur tol,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Karawang AKP Lucky Martono di Karawang, Jumat.

Tim ekspedisi mudik akan memantau perkembangan arus mudik di Jakarta selama dua hari, Sabtu-Minggu (6-7/4/2024). Di sana, tim akan mengulas suasana Jakarta. Termasuk pantauan di beberapa tempat seperti Bandara Soekarno Hatta, Stasiun Gambir, dan lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah menerapkan sistem one way untuk mengurai kepadatan lalu lintas saat mudik Lebaran 2024 di Tol Trans Jawa. Sistem one way diterapkan mulai Jumat (5/4/2024) pukul 14.00 WIB hingga Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 WIB dan Senin (8/4/2024) hingga Selasa (9/4/2024) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Sistem one way tersebut akan diterapkan mulai gerbang Tol Cikampek Utama hingga gerbang Tol Kalikangkung Semarang. Kendati demikian, penerapan one way bersifat kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu hingga diperpanjang ke gerbang Tol Bawen atau gerbang Tol Salatiga.

Ekspedisi Mudik 2024 merupakan program yang diselenggarakan oleh Solopos Media Group. Program ini jiga didukung oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation, Pertamina, Garuda Indonesia, Perusahaan Listrik Negara (PLN) UID Jateng-DIY, Eiger Adventure, dan Astra Daihatsu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya