SOLOPOS.COM - Foto Ketua KPK dan orang diduga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo./Istimewa

Solopos.com, JAKARTA – Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan terhadap Ketua KPK Firli Bahuri terkait pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Anggota Dewas KPK Albertina Ho melanjutkan bahwa rencana awal semua kelima pimpinan KPK memang akan diperiksa pada hari ini, Jumat (27/10/2023). 

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Namun, dia mengaku baru mendapatkan konfirmasi bahwa hanya Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron yang terkonfirmasi memenuhi panggilan pemeriksaan. 

“Dari sekretaris pimpinan itu [mengatakan] kalau yang bisa diperiksa hari ini hanya Pak Nurul Ghufron. Pak Nawawi sedang sakit, Pak Johanis Tanak dan Pak Alexander Marwata sedang dinas di luar kota. Pak Ketua KPK Pak Filri minta dijadwal ulang setelah 8 November,” ujarnya, Jumat (27/10/2023) dilansir Bisnis.com.

Kendati demikian, Albertina mengaku belum mengetahui alasan permintaan Firli untuk penjadwalan ulang pemeriksanannya. 

Sedangkan, untuk pemeriksaan Nurul Ghufron dia melanjutkan masih akan mengecek kembali jadwal, sebab terpengaruh oleh perubahan waktu pihak yang terkonfirmasi memenuhi panggilan. 

Albertina pun memastikan bahwa Nurul Ghufron memang masih berada di Jakarta. Sementara, untuk Ketua KPK Firli Bahuri belum diketahui di mana lokasi keberadaannyas saat ini. 

“Saya tidak tahu. Intinya dia [Firli] minta dijadwalkan ulang, minta dijadwalkan ulang setelah 8 November. Jadi, sekarang kalau orangnya tidak ada, mau diperiksa bagaimana? Dewas kan tidak ada upaya paksa. kami tidak bisa menghadirkan toh,” tuturnya. 

Sementara itu, dia mengatakan untuk mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah diperiksa sejak kemarin Kamis (26/10/2023). 

Dia pun tak menampik bahwa akan ada pihak lain yang akan dimintai keterangan terkait dengan kasus dugaan pelanggaran etik Firli Bahuri ini terkait foto pertemuannya dengan SYL. 

Untuk diketahui, dalam foto yang telah beredar itu diketahui Firli dan SYL bertemu di sebuah lapangan bulu tangkis daerah Mangga Besar, Jakarta Barat. 

“[SYL] sudah diperiksa kemarin. [Selain SYL] mungkin nanti ada [pemeriksaan] lagi [untuk] yang lain ya,” pungkas Albertina.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Dewas KPK: Firli Bahuri Minta Jadwal Ulang Pemeriksaan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya