News
Rabu, 28 Februari 2024 - 09:30 WIB

Daftar Penerima Gelar Jenderal Kehormatan Sebelum Prabowo: Ada SBY hingga Luhut

Newswire  /  Akbar Evandio  /  Nugroho Meidinata  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya saat hadir dalam Apel Akbar TKN Muda Prabowo-Gibran di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (2/2/2024). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/YU)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dijadwalkan bakal mendapatkan gelar Jenderal Kehormatan dari Presiden Jokowi pada Rabu (28/2/2024). Sebelum Prabowo, ternyata banyak tokoh-tokoh penting yang meraih gelar tersebut.

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial Ekonomi dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa alasan kenaikan pangkat yang diperoleh Prabowo Subianto ini didasarkan pada dedikasi dan kontribusinya selama ini di dunia militer dan pertahanan.

Advertisement

Prabowo Subianto diketahui merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir jenderal bintang tiga/letnan jenderal. Prabowo keluar dari kedinasan setelah diberhentikan dengan hormat sebagaimana Keputusan Presiden (Keppres) Nomor: 62/ABRI/1998 yang diteken oleh Presiden Ke-3 RI B. J. Habibie pada 20 November 1998.

“Oleh sebab itu Pak Prabowo diputuskan Mabes TNI diusulkan kepada Presiden untuk diberikan jenderal penuh dan insyaallah besok Pak Prabowo menerima tanda kehormatan kenaikan pangkat tersebut di Mabes TNI,” ujar Dahnil, dilansir Antara, Selasa (27/2/2024).

Sebelum Prabowo, ada beberapa tokoh bangsa yang memperoleh gelar Jenderal Kehormatan. Nama-nama seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Luhut Binsar Pandjaitan, Agum Gumelar, hingga AM Hendropriyono juga pernah meraih gelar serupa.

Advertisement

Mengutip Bisnis.com, pemberian gelar itu pun ditetapkan pada masa pemerintahan sejumlah Kepala Negara RI. Purnawirawan Jenderal TNI Soesilo Soedarman, mendapat anugerah Jenderal Kehormatan dari Presiden Ke-2 RI Soeharto saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Republik Indonesia pada Kabinet Pembangunan VI (1993–1998).

Kemudian, Purnawirawan Jenderal TNI Agum Gumelar meraih gelar Jenderal Kehormatan bintang empat dari Presiden Ke-4 RI Abdurrahman Wahid saat menjabat sebagai Menteri Perhubungan periode 1999–2001. Pada masa kepemimpinan yang sama, Purnawirawan Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan mendapat gelar Jenderal Kehormatan kala masih aktif sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia periode 2000–2001.

Selanjutnya, SBY menjadi sosok yang juga mendapat gelar Jenderal Kehormatan bintang empat saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan Indonesia pada periode 2001-2004. Pemberian gelar itu di masa kepemimpinan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri. Pada masa kepemimpinan yang sama, Purnawirawan TNI Hari Sabarno juga mendapat gelar Jenderal Kehormatan saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

Advertisement

Terakhir, ada nama Purnawirawan Jenderal TNI Abdullah Mahmud Hendropriyono atau biasa disapa A.M. Hendropriyono juga mendapat penganugerahan Jenderal Kehormatan saat menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara periode 2001–2004.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif