News
Rabu, 25 Oktober 2023 - 19:58 WIB

Ceruk Suara Sama, Golkar Yakin Gibran Bisa Tandingi Ganjar Pranowo

Newswire  /  Abu Nadzib  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ketua KPU Hasyim Asy'ari (tengah) menerima berkas pendaftaran pencalonan dari pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Rabu (25/10/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.

Solopos.com, JAKARTA — Ceruk suara yang diperebutkan Gibran Rakabuming Raka dengan Ganjar Pranowo diperkirakan sama, yakni kalangan milenial.

Kedua tokoh yang berkompetisi di Pilpres 2024 tersebut selama ini dikenal aktif di media sosial dan kalangan milenial.

Advertisement

Salah satu pengusung pasangan Prabowo-Gibran, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyatakan tak khawatir dengan perebutan suara antara Gibran dan Ganjar.

Bahkan ia yakin Gibran akan mendapatkan banyak suara dari kalangan milenial dan warga Jawa Tengah.

Advertisement

Bahkan ia yakin Gibran akan mendapatkan banyak suara dari kalangan milenial dan warga Jawa Tengah.

“Tidak (khawatir), kami kan bicara masyarakat,” ujar Airlangga di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, ceruk suara yang sama diakibatkan status Gibran yang saat ini masih menjadi kader PDIP yang mengusung pasangan Ganjar-Mahfud.

Advertisement

Pasalnya, Pemilu 2024 didominasi pemilih muda berusia 17-40 tahun dengan jumlah sekitar 107 juta orang atau 53-55 persen dari total jumlah pemilih.

Untuk itu, pihaknya mendorong Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka agar masuk ke dalam market atau pasar milenial untuk meraih suara.

“Kami mendorong Mas Gibran untuk masuk ke market milenial dan tadi yang ditampilkan di Indonesia Arena bergaya milenial,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Advertisement

Dia menyebutkan semua ceruk baik itu di kota maupun desa akan dikejar demi memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pernyataan Puan

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang telah resmi mendaftar sebagai bakal pasangan capres/cawapres ke KPU di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Di saat bersamaan, Puan juga memastikan Jawa Tengah tetap menjadi kandang banteng milik capres PDIP, Ganjar Pranowo.

Advertisement

“Selamat kepada capres Mas Prabowo dan cawapres Mas Gibran yang sudah mendaftarkan hari ini. Tapi kita jaga suara yang ada di Jawa Tengah, kita lihat nanti. Seperti yang Pak Presiden Jokowi sampaikan, biar rakyat yang memilih dan rakyat yang menentukan,” kata Puan usai menghadiri rapat partai pengusung dan pendukung Ganjar-Mahfud Md. di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Ia mengatakan semua pihak sudah memiliki strategi masing-masing untuk meraih kemenangan di Pilpres 2024.

Putri Megawati Soekarnoputri itu menambahkan Gibran memiliki hak untuk ikut dalam kontestasi Pilpres 2024 karena setelah keputusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa umur di bawah 40 tahun boleh maju asalkan pernah menjabat sebagai kepala daerah.

Hal itu, menurut dia, semua orang yang pernah menjadi kepala daerah bisa maju dalam kontestasi pilpres.

Selain itu, Puan mengatakan hubungan dirinya dengan Presiden Joko Widodo saat ini dalam keadaan baik-baik saja.

“Baik-baik saja kok komunikasi, terakhir kan bertemu di peringatan Hari Santri,” kata dia seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Seperti diketahui, tiga pasangan capres-cawapres siap berlaga dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Mereka adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Koalisi Perubahan), Ganjar Pranowo-Mahfud Md (Koalisi PDIP), dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Koalisi Indonesia Maju).

Ketiga pasangan capres-cawapres sudah mendaftar ke KPU untuk menunggu penetapan nomor urut.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif