SOLOPOS.COM - Ilustrasi logo BPJS Kesehatan. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, SOLO — BPJS Kesehatan memastikan bahwa semua fasilitas kesehatan di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah bisa melayani peserta jaminan kesehatan nasional (JKN) untuk berobat cukup hanya dengan menunjukkan KTP elektronik.

“Kami pastikan semua fasilitas kesehatan (faskes) di wilayah Jateng-DIY sudah menerapkan pendaftaran peserta JKN tidak perlu lagi membawa kartu JKN karena cukup menunjukkan KTP elektronik sudah bisa dilayani,” kata Deputi Direksi Wilayah VI Jateng-DIY BPJS Kesehatan, Mulyo Wibowo, yang ditemui seusai Workshop dan Media Gathering BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah VI tahun 2024 di Yogyakarta, Selasa (11/6/2024).

Promosi Dukung Relawan Bakti BUMN 2024, BRI Ajak Relawan Berpetualang di Desa BRILiaN

Bahkan, kata dia, kebijakan tersebut sudah berlaku secara nasional. Menurut dia pemberlakuan KTP elektronik untuk mendaftar di semua faskes dalam rangka memudahkan peserta JKN mendaftar karena masyarakat terlalu banyak harus menyimpan kartu di dompet sehingga saat mendaftar di faskes cukup memakai KTP elektronik.

Bahkan, kata dia, untuk warga kurang mampu terkadang tidak menyimpan kartu JKN dengan baik. Termasuk orang tua maupun anak kartu tersebut sering terlupakan.

“Kalaupun masih ada faskes yang menolak peserta JKN, silakan dilaporkan untuk segera ditindaklanjuti,” ujarnya sebagaimana dilansir Antara.

Sementara itu, Solikah Ulfa Kesuma, dokter di Klinik Pratama Eny di Baturetno, Banguntapan, Kabupaten Bantul mengakui sudah menerapkan pendaftaran cukup dengan KTP elektronik.

Bahkan, kata dia, pendaftarannya juga bisa dilakukan melalui mobile JKN, sehingga tidak perlu antre karena bisa mendaftar dari rumah.

Untuk pemberian resep obat, imbuh dia, juga dilakukan secara digital sehingga mengurangi penggunaan kertas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya