News
Kamis, 21 Desember 2023 - 20:13 WIB

Besok, Cawapres Boleh Bawa Alat Tulis saat Debat Pilpres 2024

Newswire  /  Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo berpegangan tangan seusai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengizinkan calon wakil presiden (cawapres) untuk membawa alat tulis berupa kertas dan pena untuk diletakkan di podium saat Debat Pilpres 2024 yang digelar di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Hal itu disampaikan Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Kamis (21/12/2023).

“Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, (berupa) bolpoin dan kertas,” kata Hasyim saat konferensi pers.

Advertisement

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa alat bantu lainnya, seperti telepromter dan komputer tablet tidak boleh dibawa ke podium debat.

Ia menjelaskan pada debat pertama dua pekan lalu, kandidat calon presiden (capres) tidak menggunakan alat bantu sama sekali. Bahkan, para capres tak menggunakan podium saat berdebat.

“Alhamdulillah semua capres kita dalam kondisi sehat, segar bugar, mampu berdiri mulai sesi-sesi perdebatan awal sampai akhir,” jelasnya sebagaimana dilansir Antara.

Advertisement

Sebelumnya pada Senin (18/12/2023), KPU RI menyetujui masukan dari masing-masing tim kampanye pasangan capres dan cawapres untuk menyediakan podium pada debat capres-cawapres 2024.

“Catatan kemarin atau evaluasi sudah kami sepakati bersama, di antaranya semua tim pasangan calon mengajukan usulan bahwa di dalam debat kedua nanti dan seterusnya, masing-masing sampai debat kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Oleh karena itu, penambahan podium menjadi salah satu hal yang membedakan debat kedua, yang mempertemukan antar-cawapres, dari debat pertama capres sebelumnya.

Advertisement

Sementara itu, terkait mekanisme debat, Hasyim mengatakan KPU masih menggunakan format serupa dengan Debat Capres 2024 pada 12 Desember 2023.

KPU telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Ketiga kandidat peserta Pilpres 2024 itu akan menghadapi debat yang akan berlangsung lima kali selama masa kampanye.
Debat kedua untuk cawapres dijadwalkan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 di JCC Senayan, dengan topik terkait ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, hingga APBN.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif