SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) RI telah membuka pendaftaran beasiswa unggulan untuk para mahasiswa yang berprestasi.

Dikutip dari beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id yang diakses pada Jumat (4/8/2023), Beasiswa Unggulan merupakan pemberian biaya pendidikan kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia oleh pemerintah Indonesia pada perguruan tinggi penerima peserta didik program Beasiswa Unggulan.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Beasiswa ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor pada perguruan tinggi dalam maupun luar negeri yang disebut sebagai Beasiswa Masyarakat Berprestasi.

Adapula Beasiswa Pegawai Kementerian yang diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil Kemendikbudristek pada jenjang magister dan doktor. Beasiswa yang akan diberikan yaitu meliputi biaya pendidikan, biaya hiduo, dan biaya buku bagi penerima Beasiswa Unggulan Masyarakat.

Kemendikbud mengungkapkan bahwa tujuan pemberian Beasiswa Unggulan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan Pembangunan negara.

Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 3 hingga 17 Agustus 2023, dilanjutkan seleksi tahap I pada 18 hingga 22 Agustus 2021 yang akan diumumkan pada 23 Agustus 2023.

Seleksi tahap II akan dilaksanakan pada 4 hingga 12 September dan akan diumumkan pada tanggal 18 September 2023. Berikutnya akan diadakan pembekalan dan penjelasan teknis penandatanganan kontrak pada 21 hingga 30 Sempetmber.

Berikut merupakan persyaratan mendaftar Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi pada jenjang sarjana.

1. Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik atau non akademik tingkat internasional dan/atau nasional
2. Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait
3. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain
4. Belum pernah menempuh pendidikan jenjang yang sama (sarjana)
5. Diterima di Perguruan Tinggi dalam negeri atau luar negeri terakreditasi minimal B yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi
6. Tidak berstatus sebagai dosen, guru, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya
7. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas regular
8. Berkomitmen mempertahankan Indeks Prestasi Semester (IPS) minimal 3,00 untuk program sarjana
9. Lulusan pendidikan menengah pada tahun berjalan atau maksimal  2 tahun sebelumnya
10. Memiliki surat penerimaan atau keterangan lulus dari perguruan tinggi bagi mahasiswa baru
11. Memiliki surat keterangan aktif kuliah minimal dari dekan fakultas
12. Bagi mahasiswa S-1 yang sudah memulai perkuliahan maksimal berada pada semester 3 atau KHS maksimal semester 2 dan IPK minimal 3,25 pada skala 4
13. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia, dibuktikan dengan sertifikat dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek
14. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris , dibuktikan dengan setifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri dengan skor minimal 500 untuk ITP/PBT, 34 untuk PTE Academic, 52 untuk IBT, dan 5.0 untuk IELTS
15. Membuat karya tulis esai atau karangan berbahasa Indonesia dengan tema ‘Kontribusiku untuk Indonesia setelah menyelesaikan studi’, ditulis pada kolom esai minimal 1.000 kata, maksimal 1.500 kata berisi tentang deskripsi diri, deskripsi peran yang akan dilakukan, dan deskripsi cara mewujudkan peran tersebut.

Saat mendaftar, pendaftar harus melengkapi berkas-berkas seperti KTP, Kartu Tanda Mahasiswa (bagi mahasiswa yang menjalani perkuliahan), dan surat penerimaan atau keterangan lulus.

Kemudian, surat keterangan aktif kuliah, KHS semester 1 dan 2 bagi mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan, ijazah dan transkrip nilai terakhir, sertifikat Bahasa Indonesia yang diterbitkan Badan Bahasa, sertifikat Bahasa Inggris untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri, surat rekomendasi dari akademisi atau institusi, dan surat pernyataan pendaftar Beasiswa Unggulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya