SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Prabowo Subianto memberikan hadiah bantal kucing kepada Anies Baswedan/Youtube Mata Najwa

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, menanggapi pernyataan rivalnya, Prabowo Subianto, soal ndasmu etik yang viral di media sosial. Pernyataan itu menjadi trending topic di media sosial dalam beberapa hari terakhir.

Anies Baswedan menilai persoalan etika tidak boleh dikompromikan. Dia menyebut masalah etik harus dimulai dari pimpinan.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Memang etik itu mulainya dari kepala. Kalau kepala tidak mengikuti etika, apalagi yang di bawahnya. Memang benar mulainya dari kepala. Dengan begitu nanti yang di bawah akan ikut. Itu saja ya, terima kasih,” tutur Anies Baswedan kepada wartawan di Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu (16/12/2023).

Pernyataan Prabowo Subianto tentang ndasmu etik itu disampaikan saat berpidato di depan kader dalam agenda Rakornas Gerindra di JIExpo, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2023).

Meski disebut sebagai gurauan, pernyataan Prabowo jelas memantik komentar negatif dari berbagai pihak lantaran berkaitan dengan kejadian saat debat perdana capres 2024, Selasa (12/12/2023).

Dalam acara tersebut Anies Baswedan menanyakan pendapat Prabowo soal temuan MKMK (Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi) yang menyebutkan terjadi pelanggaran etika di MK.

“Tanggal 25 (Oktober 2023) Pak Prabowo mendaftar ke KPU sebagai pasangan capres-cawapres, setelah putusan MK. Dan kemudian di MK dibentuk MKMK, yang hasilnya mengatakan bahwa terjadi pelanggaran etika berat. Bagaimana perasaan bapak ketika mendengar ada pelanggaran etika di situ?” tanya Anies.

Hal itu pun diungkit kembali oleh Prabowo Subianto saat berpidato di depan kader Partai Gerindra saat Rakornas.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo soal etik..etik. etik…ndasmu etik!” kata Prabowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya