SOLOPOS.COM - Capres-Cawapres no urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) saat bersiap memberikan sambutan dalam Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) di Jakarta, Senin (27/11/2023). Rakor tersebut bertema Gakkumdu Mengawal Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, disebut memiliki senjata rahasia untuk mengalahkan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Senjata rahasia Anies Baswedan untuk menang Pilpres 2024 itu pun dibahas oleh media internasional.

Sebagaimana diketahui, elektabilitas pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, hampir selalu berada di posisi ketiga di bawah Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Akan tetapi, Anies Baswedan belakangan dengan lantang menolak program unggulan Jokowi, yaitu pembangunan Ibu Kota Nusantara. Menurutnya, masyarakat tidak membutuhkan IKN karena hanya akan membuang-buang uang negara saja.

“Yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah pemerataan pertumbuhan, dimana pembangunan dilakukan tidak hanya di satu lokasi, tapi di banyak lokasi. Jangan sampai kita membangun hanya di satu lokasi, malah menimbulkan ketimpangan baru,” ujarnya.

“Kami sedang menyiapkan struktur program untuk bisa mendorong desa untuk lebih berkembang, kota kecil menjadi menengah, dan kota menengah menjadi besar di seluruh Indonesia,” tambah Anies.

Meski demikian, ulasan South China Morning Post menyebut bahwa hal tersebut bisa menjadi “senjara rahasia” Anies Baswedan untuk menang Pilpres 2024 mendatang.

Dalam ulasan tersebut, SCMP menyinggung tentang bagaimana Anies secara mengejutkan berhasil memenangkan Pilkada Jakarta pada 2017 lalu dan mengalahkan Ahok. Pada Pilkada enam tahun lalu, Anies menggunakan isu irisan untuk mendapatkan simpati masyarakat.

“Selama pencalonannya sebagai gubernur Jakarta pada 2017, Anies mengalahkan gubernur sementara Basuki Tjahaja Purnama dalam putaran kedua, setelah kalah dalam pemungutan suara awal, dengan mempolitisasi komentar yang dibuat oleh politikus Kristen keturunan Tionghoa yang dianggap menghujat Islam oleh beberapa orang,” tulis SCMP.

Ian Wilson, dosen senior yang berspesialisasi dalam politik Indonesia di Universitas Murdoch, Perth juga mengatakan bahwa Anies bisa menangkap beberapa hal yang pro-rakyat, termasuk soal jumlah uang negara dan keputusan utama yang diinginkan rakyat saat ini.

“Saya pikir ketika tekanan biaya hidup dan berbagai permasalahan lainnya berdampak pada kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, melihat jumlah uang yang dibelanjakan untuk [Nusantara] adalah sesuatu yang bisa ditangkap oleh lawan politik,” kata Wilson.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Senjata Rahasia Anies Baswedan Kalahkan Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya