SOLOPOS.COM - Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jalan Tirtayasa Raya No. 32, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/7/2023). (ANTARA/Hafiz Mubarak)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Golkar masih mungkin untuk memberikan dukungan kepada bakal capres Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo tapi tidak untuk Anies Baswedan.

Karenanya, Partai Golkar masih menimbang apakah bergabung ke koalisi Partai Gerindra atau koalisi PDIP.

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Kepastian tak mendukung Anies Baswedan itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Itu sangat benar [kemungkinan mendukung Prabowo atau Ganjar]. Benar [tidak mungkin dukung Anies],” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Airlangga Hartarto mengamini pernyataan dari mantan Ketua Umum Partai Golkar Jusuf Kalla bahwa dirinya bisa maju sebagai bakal calon wakil presiden untuk Pemilu 2024 sebagai pasangan dari Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo.

Menurutnya, Partai Golkar hanya akan memberikan dukungannya kepada dua bakal capres tersebut.

Tak hanya itu, Airlangga menanggapi pernyataan Jusuf Kalla yang menyebut bahwa Golkar terlalu bergantung kepada penguasa dalam menentukan arah dukungannya.

Menurutnya, sebagai partai besar maka organisasinya memiliki langkah-langkah sendiri.

“Golkar itu organisasi dan partai besar. Ya tentu kita punya langkah-langkah sendiri. Langkah ini adalah chapter terakhir. Sekarang sudah masuk chapter terakhir,” pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Jusuf Kalla alias JK mengkritisi Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto karena terlalu tergantung penguasa dalam menentukan koalisi jelang Pemilu 2024.

JK merasa Golkar terlalu lambat menentukan keputusan politik untuk Pemilu 2024 karena seakan menunggu pilihan penguasa.

Meski demikian, dia tak merincikan siapa penguasa yang dimaksud.

“Airlangga, Golkarnya sendiri agak telat sebenarnya mencari atau sangat tergantung kepada penguasa untuk menentukan koalisi-koalisinya,” jelas JK di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Golkar Pastikan Tak akan Beri Dukungan untuk Anies Baswedan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya